Kunjungan Persiapan F1Powerboat

Kunjungan persiapan kegiatan F1Powerboat dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Januari 2023 di Balige – Danau Toba. Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) untuk berkoordinasi terkait persiapan penyelenggaraan side event F1Powerboat yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Februari 2023.

1️⃣ Rapat koordinasi maupun survey ini dihadiri oleh:
– Zumri Sulthony (Disbudpar Prov. Sumut)
– Patar Silalahi (Kabid Kebudayaan)
– Tulus Hanafi (Kabid Destinasi & Industri Pariwisata)
– Barmin B. Sianipar (Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif)
– Ferddy Gurning (Kabid Ops Dit. Pamobvit, POLDA Sumut)
– Kiagoos Irvan Faisal (Koordinator Event Internasional)

2️⃣ Rapat Koordinasi di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Toba terdapat beberapa poin yang disampaikan terkait penyelenggaraan F1Powerboat 2023 sebagai berikut:
▪️Belum ada informasi lengkap termasuk DO’s & DONT’s dari InJourney terkait side event yang dapat dilakukan oleh Dispar Kab. Toba maupun pihak lainnya
▪️Pemkab Toba bersama Pemprov Sumut cq. Disbudpar Prov. Sumut berencana mengadakan carnival budaya di Balige dan sekitarnya saat event berlangsung

3️⃣ Rapat Koordinasi di kantor Disbudpar Prov. Sumatera Utara
▪️Membahas rencana side event yang akan dilakukan Disbudpar Sumut, BPODT maupun Kemenparekraf.

4️⃣ Kunjungan Lokasi F1 Powerboat
▪️Untuk pelabuhan tempat yang akan di selenggarakan F1Powerboat saat ini masih dalam proses pengerjaan dan diperkirakan akan selesai tepat waktu.
▪️Terdapat beberapa titik lokasi yang bisa jadi tempat warga balige untuk menonton event F1Powerboat, contohnya di samping pelabuhan, di rumah” warga, area jalan dan diseputaran area danau.

5️⃣ Survey akomodasi di Balige dan sekitarnya dimana telah terjadi peningkatan harga jual akomodasi yang wajar sekitar 30-50%, beberapa akomodasi berupa homestay dan hotel yang dikunjungi adalah hotel Nabasa, Hotel Ester, Hotel Ayola, Ony Homestay dan Jos N’ Mo Homestay.

6️⃣ Evaluasi survei
▪️Perlu dilaksanakan rapat khusus terkait side event yang diorkestrasi oleh Kemenkomarves sehingga pihak InJourney dihimbau menyampaikan secara jelas dan akurat terkait hal ini.
▪️Gubernur Sumut perlu menghimbau seluruh Bupati dan Walikota (33 kab/kota) untuk melaksanakan nobar di kantor atau rumah dinas bupati/walikota sehingga seluruh masyarakat Sumut merasa bangga memiliki event internasional
▪️Disbudpar Provinsi Sumatera Utara bersama Dispar Kab. Toba bersama asosiasi (PHRI & ASITA) perlu memetakan ketersediaan akomodasi di wilayah Balige dan sekitarnya agar para wisawatan yang akan berkunjung mendapatkan informasi yang akurat

 

Tinggalkan Balasan