Wolobobo Ngada Festival 2022

Pembukaan Wolobobo Ngada Festival 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2022 di Kota Bajawa, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Event ini termasuk salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Berikut poin – poin yang dapat kami laporkan:

1️⃣ Gambaran Umum Wolobobo Ngada Festival 2022

Wolobobo Ngada Festival 2022 merupakan sebuah festival yang mengangkat potensi alam dan budaya kabupaten Ngada untuk menjadi daerah wisata yang inovatif, kreatif berbasis heritage, berkualitas, memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.
seluruh rangkaian event Wolobobo Ngada Festival diselenggarakan pada tanggal 14 – 24 September 2022 dan dapat disaksikan melalui kanal Youtube Wolobobo Ngada Festival.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan Wolobobo Ngada Festival 2022:

🟢 Rangkaian acara tanggal 14-15 September 2022 antara lain:

▫️Ngada Culture Camp yaitu camping dan wolobobo weaving walk yang dimulai dari Bukit Wolobobo menyusuri beberapa Kampung Adat (Kampung Bomari, Kampung Borani, Kampung Bomuzi, dan Kampung Langagedha) yang diikuti oleh kurang lebih 350 peserta.

🟢 Kegiatan tanggal 16 September 2022:

▫️Ngada Culture Walk yaitu peserta berjalan kaki menyusuri Kampung Adat Bena, Kampung Adat Tololea, dan berujung di Kampung Adat Gurusina untuk kembali ke Bajawa.

🟢 Rangkaian kegiatan tanggal 17 September 2022:

▫️Carnaval Tenun Ngada yaitu Parade oleh peserta berjumlah kurang lebih 600 orang dengan menggunakan pakaian adat yang ada di Kab. Ngada (Bajawa, Soa, dan Riung) yang dimulai dari Lapangan Lebijaga menuju ke Lapangan Kartini.

3️⃣ Rangkaian Pembukaan event Wolobobo Ngada Festival 2022:

🟢 Acara pembukaan dihadiri oleh:
1. Bupati Kab. Ngada, Bapak Andreas Paru;
2. Bupati Kab. Nagekeo, Bapak Johanes Don Bosco Do;
3. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bapak Zeth Sony Libing;
3. Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo;
4. Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, Ibu Shana Fatina;
5. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Ngada, Bapak Oktavianus Botha Djawa;
6. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores timur, Bapak Petrus Pemang Liku;
7. Forkompimda Kab. Ngada;
8. Koordinator Event Wilayah II, Ibu Diana Indriati.

🟢 Pembukaan oleh MC dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”

🟢 Pembacaan Doa

🟢 Penampilan 3 tarian etnis (Ngadhu Bagha, Soa dan Riung), penampilan Tari kolosal Ja’i dan Tari Dero yang dibawakan oleh 350 penari yang berasal dari siswa dan siswi sekolah menengah di bajawa. Tarian kolosal tersebut ditujukan untuk menyambut para tamu undangan pada Pembukaan Wolobobo Ngada Festival 2022.

🟢 Sambutan Bupati Kabupaten Ngada. Beliau menyampaikan:

▫️Pelaksanaan Wolobobo Ngada Festival 2022 ditujukan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, menghidupkan usaha mikro kecil dan menengah serta membangkitkan ruang kreativitas bagi para pegiat seni dan budaya pasca pandemi ini.

▫️Bupati Ngada mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Wolobobo Ngada Festival 2022 sebagai ajang mempromosikan semua potensi yang ada di Ngada dalam nilai dan spirit. TANTE NELA PARIS akronim dari Tani, Ternak, Nelayan dan Pariwisata untuk memenuhi TUKA, TUKU dan TEKA yang artinya ketersediaan pangan, akses pangan dan pemanfaatan pangan.

🟢 Sambutan Kepala dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur. Beliau menyampaikan:

▫️Pengelolaan destinasi pariwisata yang baik oleh pemerintah dan masyarakat di NTT bisa menjadi kunci kembalinya perekonomian serta mendatangkan wisatawan, Wolobobo Ngada Festival menjadi cara untuk mencapai hal tersebut.

🟢 Sambutan Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo. Beliau menyampaikan:

▫️Apresiasi kami ucapkan kepada Pemerintah Provinsi NTT, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ngada, dan seluruh stakeholders yang telah berkolaborasi atas terselenggaranya kegiatan Wolobobo Ngada Festival.

▫️Pemerintah khususnya Kemenperekraf berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan multiplier effect hingga mampu meningkatkan perekonomian dengan melibatkan banyak pelaku parekraf dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya di Provinsi NTT

▫️Penyelenggaraan Wolobobo Ngada Festival yang mengemas potensi parekraf di Kabupaten Ngada ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat, tentunya dengan tetap mengimplementasikan Protokol Kesehatan dan strategi Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi serta dengan semangat 3G: Gercep
(Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Kerja)

🟢 Prosesi pembukaan Wolobobo Ngada Festival 2022 ditandai dengan peniupan alat musik Bombardom secara bersama sama oleh para tamu VVIP yang hadir.

🟢 Peragaan Fashion Show yang menampilkan berbagai kekayaan tenun, kopi dan berbagai pernak pernik yang terbuat dari bambu.

🟢 Peninjauan booth UMKM oleh para tamu undangan VVIP dan VIP

🟢 Rangkaian kegiatan tanggal 18-24 September 2022 antara lain:
▫️Pekan Bambu
▫️Coffee tour
▫️Workshop dan pameran tenun
▫️Fashion show

4️⃣ Bentuk Dukungan pada penyelenggaraan Wolobobo Ngada Festival 2022, antara lain: sound system, genset, lighting, dekorasi booth pamaeran, photobooth, dan materi promosi

5️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pembukaan Event Wolobobo Ngada Festival 2022, antara lain:

▫️Konsep penyelenggaraan event Wolobobo Ngada Festival 2022 pada tahun ini difokuskan pada sport tourism dan heritage untuk memperkenalkan destinasi pariwisata kepada masyarakat luas.

▫️Perencanaan dan pengemasan konsep event secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, terlihat dari awal rangkaian penyelenggaraan dengan pelibatan masyarakt lokal dan siswa siswi sekolah di Ngada sebagai penampil pada acara pembukaan.

▫️UMKM melibatkan kurang lebih 80 booth yang menampilkan tenun, kopi, dan kreasi bambu yang berasal dari Kabupaten Ngada dan Kabupaten sekitar seperti Kabupaten Nagekeo, Ende, Maumere, dan Manggarai.

▫️Event yang diselenggarakan di beberapa tempat destinasi pariwisata yaitu Bukit Wolobobo, Desa Adat Bomari, Bonari dan Langagedha, Kampung Bena, Kampus Bambu Turetogo, kebun kopi Wajamala dan Lapangan Kartini Bajawa. Dengan banyak tempat yang menjadi rangkaian penyelenggaran dimaksudkan untuk dapat memenuhi antusiasme masyarakat akan hiburan seni budaya yang bersifat massive.

▫️Keberhasilan promosi dari event Wolobobo Ngada Festival 2022 ini, terlihat dari beberapa wisatawan mancanegara yang datang dan antusiasme masyarakat yang datang dari seperti Labuan Bajo, Ende dan Ruteng.

Demikian kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi dan tautan berita terkait event tersebut.

Link Publikasi Kegiatan:

1. https://travel.kompas.com/read/2022/09/19/060600227/mengenal-keunggulan-bambu-ngada-tema-utama-festival-wolobobo-2022?page=all

2. https://mediaindonesia.com/nusantara/523786/tenun-bambu-dan-kopi-bergema-dalam-wolobobo-ngada-festival

3. https://www.girinesia.com/travel/pr-3774700961/festival-wolobobo-ngada-2022-pertunjukkan-budaya-dan-kekayaan-alam-flores

4. https://rri.co.id/ende/ngada/1633882/tenun-bambu-dan-kopi-bergema-dalam-wolobobo-ngada-festival

5. https://floresku.com/read/ribuan-warga-padati-taman-kartini-bajawa-menyaksikan-panggung-hiburan-wolobobo-ngada-festival

6. https://www.gotravelaindonesia.com/wolobobo-culture-camp/

7. https://floresterkini.pikiran-rakyat.com/tag/Wolobobo%20Ngada%20Festival%202022

8. https://flores.inews.id/read/171244/festival-wolobobo-jembatan-merawat-budaya

9. https://www.rctiplus.com/detail/travel/2955488/ratusan-penari-jai-meriahkan-pembukaan-festival-wolobobo

10. https://mataram.antaranews.com/berita/219261/tiga-etnis-besar-ngada-bawakan-atraksi-adat-pada-wnf-2022

11. https://nationworldnews.com/the-ngada-regency-government-promotes-local-products-through-the-wolobobo-ngada-festival/

12. https://www.metrotvnews.com/play/bzGCgyZ4-wolobobo-ngada-festival-2022-dimeriahkan-karnaval-tarian-daerah-dan-atraksi-permainan

 

Author:

Tinggalkan Balasan