Pesta Kesenian Bali (PKB)

Mohon izin melaporkan pelaksanaan kegiatan Pawai dan Pergelaran Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB). Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 12 Juni 2022, di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Denpasar dan panggung terbuka Ardha Candra Taman Budaya Art Centre Denpasar, Bali.

Berikut poin-poin yang kami laporkan:

1️⃣ Gambaran umum Pesta Kesenian Bali:
Pesta Kesenian Bali XLIV 2022 dilaksanakan sejak tanggal 12 Juni sampai 10 Juli 2022 di Taman Budaya Art Centre, Kota Denpasar, Provinsi Bali.
a. PKB sebagai festival seni budaya terbesar di Provinsi Bali yang bersifat kolosal, merakyat, bereputasi internasional, serta menjadi momentum untuk perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan seni tradisi, klasik dan kesenian rakyat.
b. Tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-44 dan kembali masuk dalam Karisma Event Nusantara 2022. Sebelumnya masuk ke dalam Karisma Event Nusantara tahun 2021.
c. Mengusung tema “Danu Kerthi: Huluning Amreta” (Memuliakan Air Sumber Kehidupan), yang diimplementasikan dalam setiap aktivitas seni meliputi Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).
d. Diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang diikuti oleh 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Bali.
e. Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali XLIV 2022 dirangkaikan dengan penyelenggaraan Bali World Cultural Celebrations dan Jantra Tradisi Bali.
f. Disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Disbud Prov. Bali: Pawai Pesta Kesenian https://youtu.be/MBZOVMUV0dg dan kanal YouTube Pemerintah Provinsi Bali: Pergelaran Pembukaan Pesta Kesenian Bali https://youtu.be/Ia4bqZMzX_8.

2️⃣ Pelepasan Pawai dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2022 pukul 14:20 – 17:00 WITA di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Kota Denpasar yang dihadiri oleh:
1. Menteri Dalam Negeri, Bapak M. Tito Karnavian;
2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;
3. Gubernur Bali, Bapak I Wayan Koster;
4. Wakil Gubernur Bali, Bapak Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati;
5. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf, Ibu Rizki Handayani;
6. Deputi Industri dan Investasi, Kemenparekraf, Bapak Henky Hotma Parlindungan;
7. Ketua DPRD Provinsi Bali, Bapak I Nyoman Adi Wiryatama;
8. Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Bapak Dewa Made Indra;
9. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Kemenparekraf, Ibu Dyah Septiana Isnaryati;
10. Kepala Biro Komunikasi, Kemenparekraf, Ibu I Gusti Ayu Dewi Hendriyani;
11. Kepala Poltekpar Bali;
12. Forkopimda Provinsi Bali;
13. Bupati/Wali Kota se-Provinsi Bali;
14. Kepala OPD se-Provinsi Bali.

3️⃣ Rangkaian Pelepasan Pawai Pesta Kesenian adalah sebagai berikut:

🔷 Laporan Gubernur Provinsi Bali, Bapak I Wayan Koster. Beliau menyampaikan:
– Penyelenggaraan PKB merupakan konsistensi dan komitmen Pemerintah Provinsi Bali dalam mengutamakan arus kebudayaan sebagai haluan pembangunan Bali, dengan visi “Melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru”.
– PKB tahun ini mengangkat tema Danu Kerthi: Huluning Amerta yang bermakna memuliakan air sebagai sumber kehidupan, menyajikan delapan materi pokok, yaitu:
– Peed Aya (Pawai) merupakan prosesi seni budaya yang mengilustrasikan tema Danu Kerthi dengan kekayaan, keunikan, dan keunggulan masing-masing kota/kabupaten di Bali.
– Pada tahun ini menampilkan 24 komunitas yang mewakili pemerintah kota/kabupaten se-Bali, lembaga pendidikan menengah dan tinggi, serta BUMN dan BUMD. Melibatkan lebih dari 2.400 seniman.
– Banyaknya komunitas yang berpartisipasi di dalam pawai walaupun dengan biaya swadaya menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti PKB seiring dengan situasi pandemi COVID-19 yang melandai dan stabil.
– Atas nama Pemerintah Provinsi Bali menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah menjadikan Peed Aya PKB XLIV Tahun 2022 semakin berkualitas dan sangat semarak.

🔷 Sambutan Presiden Republik Indonesia yang diwakili oleh Menteri Dalam Negeri, Bapak Tito Karnavian. Dalam sambutannya beliau menyampaikan:
– Bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Bali karena dapat kembali menggelar Pesta Kesenian Bali XLIV Tahun 2022 secara luring dan masif setelah dua tahun ke belakang harus dilaksanakan secara daring maupun hybrid dikarenakan pandemi.
– Kegiatan ini dapat berlangsung ketika seluruh jajaran percaya diri dengan tingkat pengendalian COVID-19 di Bali.
– Bali sebagai destinasi yang bergantung pada sektor pariwisata benar-benar terdampak akan pandemi, namun berkat kerja keras gubernur dan seluruh stakeholders di Bali dapat mengontrol penanganannya.
– Mengapresiasi kesiapan vaksinasi lengkap hingga booster di Bali menjadi yang tertinggi di Indonesia, yakni mencapai 70%, sehingga diharapkan seluruh aktivitas dapat berjalan normal kembali layaknya sebelum pandemi.
– Low case doesn’t mean zero case, oleh karena itu, diimbau agar tetap waspada dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.
– PKB tahun ini merupakan monumental penting untuk kembali pulihnya ekonomi dan pariwisata Bali.
– Menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para maestro seniman dan seluruh stakeholders yang terus melestarikan kesenian dan kebudayaan Bali melalui PKB ini.
– Danu Kerthi: Huluning Amerta menjadi tema yang tepat untuk mengingatkan kita untuk selalu memuliakan air sebagai sumber kehidupan dan agar menjadi kawan sehingga tidak menjadi bencana. Diyakini melalui PKB ini, para seniman menyerukan ajakan untuk memuliakan air melalui setiap karya yang ditampilkan.
– Sedang dirancang undang-undang yang berisikan pasal khusus untuk pengakuan budaya, tradisi, dan kesenian Bali. Melalui pasal ini diharapkan dapat melindungi budaya, tradisi, dan kesenian Bali dari arus modernisasi, termasuk kebijakan-kebijakan pusat yang dapat menggerus budaya, tradisi, dan kesenian Bali.

🔷 Pelepasan Pawai Pesta Kesenian Bali yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bapak Mendagri yg didampingi oleh Bapak Menparekraf dan Bapak Gubernur Bali.

🔷 Pawai diikuti oleh 24 peserta yang dimulai dengan penampilan atraksi kesenian dari Pemprov Bali didepan panggung kehormatan yang kemudian dilanjutkan penampilan dari ISI Denpasar, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Bangli, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung, Kota Denpasar, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Museum Pasifika, Bank Indonesia Berkolaborasi Lembaga Perbankan Bali, Bank BPD Bali, Universitas Udayana, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Universitas Hindu Indonesia Denpasar, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, SMKN 3 Sukawati, dan yang terakhir penampilan dari SMKN 5 Denpasar.

4️⃣ Pergelaran Pembukaan Pesta Kesenian Bali dilaksanakan pada 12 Juni 2022 pukul 19:30 – 21:30 WITA di Taman Budaya Art Centre Denpasar, yang dihadiri oleh:

1. Menteri Dalam Negeri RI, Bapak M. Tito Karnavian;
2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno;
3. Gubernur Bali, Bapak I Wayan Koster;
4. Wakil Gubernur Bali, Bapak Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati;
5. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf, Ibu Rizki Handayani;
6. Ketua DPRD Provinsi Bali, Bapak I Nyoman Adi Wiryatama;
7. Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra;
8. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Kemenparekraf, Ibu Dyah Septiana Isnaryati;
9. Kepala Biro Komunikasi, Kemenparekraf, Ibu I Gusti Ayu Dewi Hendriyani;
10. Direktur Poltekpar Bali, Drs. Ida Bagus Putu Puja,M
11. Forkopimda Provinsi Bali;
12. Bupati/Walikota se-Provinsi Bali;
13. Kepala OPD se-Provinsi Bali.

5️⃣ Rangkaian Pergelaran Pembukaan Pesta Kesenian di panggung terbuka Ardha Chandra, Taman Budaya Art Centre Denpasar, Baliadalah sebagai berikut:

🔷 Penampilan Tari Murdhanata Bali Dwipa Jaya Pemerintah Provinsi Bali yang ditampilkan oleh kelompok penari dari Institut Seni Indonesia Denpasar.

🔷 Penampilan Pergelaran Tari Baris Anak-Anak “Bandana Manggala Yudha” yang ditampilkan oleh penari-penari cilik Sanggar Lokananta Singapadu Gianyar.

🔷 Menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa bersama.

🔷 Laporan Gubernur Provinsi Bali, Bapak I Wayan Koster. Beliau menyampaikan:
– Penanganan COVID-19 di Bali memungkinkan angka penyebarannya semakin melandai. Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 29 Tahun 2022, Bali sudah ditetapkan masuk ke dalam PPKM Level I.
– Meskipun sudah banyak dilaksanakan agenda berskala nasional maupun internasional di Bali, namun status COVID-19 di Bali tetap terjaga. Hal ini didukung dengan status vaksinasi booster di Bali yang sudah mencapai 70%, menjadikannya tertinggi di Indonesia, serta disiplin masyarakat Bali untuk mematuhi protokol kesehatan.
– Lebih dari 54% perekonomian ekonomi bergantung di pariwisata. Akibat pandemi, di tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Bali mengalami kontraksi sebesar -9,33% dan tahun 2021 mengalami kontraksi sebesar -2,47%, menjadikannya terendah di Indonesia dan pertama kali dalam sejarah di Bali.
– Sejalan dengan melandainya angka COVID-19 di Bali, pada tahun 2022, pertumbuhan ekonomi di Bali sudah bergerak ke angka positif, yaitu sebesar 1,46% (berdasarkan survei BPS).
– Setelah dihapuskannya karantina bagi turis asing dan diberlakukannya visa on arrival bagi 72 negara, kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali semakin meningkat. Saat ini, rata-rata kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali mencapai 5.000 kedatangan per hari. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara mencapai 10.000 kedatangan per hari. Jumlah penerbangan internasional ke Bali terus mengalami peningkatan, dan saat ini sudah mencapai 18 maskapai internasional.
– Berharap penanganan pandemi dapat terus dikelola dengan baik, sehingga momentum kebangkitan pariwisata dan perekonomian Bali dapat terus meningkat sampai mencapai pertumbuhan minimal setara dengan sebelum pandemi.
– Pembangunan di Bali berlandaskan pada kebudayaan pada setiap aspek dari hulu ke hilir, mengingat Bali memiliki kekayaan dan keunikan kebudayaan yang meliputi adat, tradisi dan seni budaya, serta kearifan lokal.
– Sebagai bentuk komitmen peneguhan kebudayaan sabagai haluan pembangunan di Bali, telah ditetapkannya Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali. Perda ini mengatur antara lain pelaksanaan PKB dengan langkah-langkah pembaharuan terkait pengayaan materi kegiatan, materi sajian, dan tata kelola.
– Penyelenggaraan PKB 2022 semakin dimantapkan dengan pemajuan rumpun kebudayaan lokal sertq perayaan budaya-budaya dunia di Bali.
– Tema Danu Kerthi: Huluning Amerta menjadi itikad dan tekad bersama dalam menjaga kelestarian, danau, mata air, dan aliran sungai sebagai sumber kehidupan masyarakat Bali secara keseluruhan.
– PKB tahun ini menjadi pengobat kerinduan masyarakat, seniman, serta para pelaku UMKM untuk menyalurkan kreativitasnya.
– Pemilihan Bali sebagai lokasi presidensi G-20 yang berpuncak pada tanggal 15 – 16 November 2022 juga menjadi salah satu momentum pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali.

🔷 Sambutan Presiden Republik Indonesia yang diwakili oleh Menteri Dalam Negeri, Bapak M. Tito Karnavian. Dalam sambutannya beliau menyampaikan:
– Malam ini menjadi malam yang monumental karena Bali bisa kembali seperti layaknya Bali sebelum pandemi, terlebih lagi dengan diselenggarakannya pergelaran kebudayaan Bali selama sebulan penuh melalui Pesta Kesenian Bali.
– Apresasi kepada Pemerintah Provinsi Bali akan kesigapannya dalam penanggulangan COVID-19, salah satu yang terbaik di dunia.
– Kesenian dan kebudayaan Bali menjadi daya tarik utama yang menjadikannya sebagai alasan bagi wisatawan untuk datang ke Bali.
– Bali ditunjuk menjadi lokasi puncak pelaksanaan G-20 dikarenakan karena Bali dinilai siap dalam pengorganisasian kegiatan MICE, dan para delegasi dipastikan juga berlibur membawa keluarga masing-masing selama di Bali.
– Berharap agar bersama-sama menjaga Bali sebagai aset bangsa yang sangat berharga. Terus menjaga kualitas pelayanan pariwisata di Bali.
– Menyarankan kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan peraturan yang mengatur agar kebudayaan dan kesenian tradisional harus tetap dilestarikan.

🔷 Penampilan sendratari kolosal “Catur Kumba Mahosadhi” garapan kolaborasi ISI Denpasar dengan Sanggar Seni Usadhi Langu.

🔷 Sesi foto bersama para tamu VVIP dengan para seniman pengisi acara.

5️⃣ Evaluasi Kegiatan:

– Walaupun relaksasi penggunaan masker di luar ruangan sudah diberlakukan, namun untuk aktivitas padat pengunjung tetap harus diberlakukan. Dalam hal ini, pengawasan pemakaian masker tidak terjaga dengan baik.
– Kesalahan penempatan logo Kemenparekraf dan Wonderful Indonesia baik di materi cetak dan template YouTube PKB 2022.
– Tidak tersedianya titik-titik tempat sampah yang masif, sehingga setelah selesainya kegiatan pawai, timbunan sampah berserakan di banyak tempat.
– Kendala teknis seperti audio yang tidak jelas terdengar kala pawai berlangsung sangat disayangkan, mengingat kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

Demikan kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi dan tautan berita kegiatan. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Daftar tautan berita:

https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-berlangsung-meriah-pesta-kesenian-bali-2022-tingkatkan-kinerja-sektor-parekraf-bali

https://www.liputan6.com/regional/read/4985135/semarak-gelaran-peed-aya-pesta-kesenian-bali-ke-44

https://buleleng.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-2014717844/presiden-jokowi-apresiasi-penyelenggaraan-pesta-kesenian-bali-ke-44-tahun-2022

https://www.republika.co.id/berita/rdesvn380/menparekraf-pesta-kesenian-pulihkan-pariwisata-dan-ekonomi-bali

https://indobalinews.pikiran-rakyat.com/seni-budaya/pr-884724132/pesta-kesenian-bali-ke-44-tahun-2022-digelar-pawai-pembukaan-libatkan-2400-seniman

https://foto.okezone.com/view/2022/06/13/20/83052/16-150-seniman-meriahkan-pesta-kesenian-bali

Mendagri Suarakan Jaga Seni, Budaya, Adat Bali Saat Pembukaan PKB XLIV

https://kumparan.com/berita-hari-ini/jadwal-pesta-kesenian-bali-pkb-2022-lengkap-1yG5zd4oZDF

 

Rombongan VVIP memasuki area panggung kehormatan
Sambutan oleh Gubernur Bali dan Mendagri, dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kegiatan pawai
Penampilan Tari Murdhanata Bali Dwipa Jaya dan Tari Baris Anak-Anak “Bandana Manggala Yudha”
Sambutan Gubernur Bali dan Mendagri
Puncak acara ditutup dengan penampilan sendratari kolosal “Catur Kumba Mahosadhi”
Foto bersama para tamu VVIP dengan para seniman pengisi acara
Parade pawai yang diikuti oleh 24 komunitas, melibatkan lebih dari 2.400 seniman
Parade pawai yang diikuti oleh 24 komunitas, melibatkan lebih dari 2.400 seniman
Parade pawai yang diikuti oleh 24 komunitas, melibatkan lebih dari 2.400 seniman
Parade pawai yang diikuti oleh 24 komunitas, melibatkan lebih dari 2.400 seniman
Author:

Tinggalkan Balasan