Festival Port Numbay

Kegiatan Festival Port Numbay yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Mei 2022 di Kampung Wisata Tobati, Pantai Hmensauw, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Berikut poin-poin yang kami laporkan:

1️⃣ Festival Port Numbay kembali masuk dalam Karisma Event Nusantara tahun 2022. Sebelumnya event ini juga masuk ke dalam Karisma Event Nusantara 2021.
a. Tahun ini Festival Port Numbay “Explore T’Badic” mengusung tema “War Wani M’seruk Tadic Tafa Hau M’ras” yang artinya “Hidup Damai di Teluk Matahari Terbit”.
b. Adapun target pengunjung dari kegiatan ini yaitu wisatawan lokal di Kota Jayapura dan sekitarnya.
c. Rangkaian kegiatan ini antara lain Mancing Mania Hmensauw, Pertunjukan Kesenian Tradisional, Pameran UMKM, Bincang Kreatif, dan Tour Teluk Youtefa.
d. Disiarkan secara live streaming melalui channel YouTube : Dinas Pariwisata Kota Jayapura.

2️⃣ Pembukaan acara dilaksanakan pada 21 Mei 2022 yang dihadiri oleh:
a. Inspektur 2 pada Inspektorat Utama Kemenparekraf, Bapak Kamal Rimosan.
b. Walikota Jayapura, Bapak Benhur Tomi Mano
c. Wakil Walikota, Bapak Rustan Saru
d. Anggota DPRD Kota Jayapura
e. Kapolres Kota Jayapura
f. Para Kepala OPD Kota Jayapura
g. Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kota Jayapura
h. Perwakilan Direktorat Event Daerah Kemenparekraf, Ibu Diana Indriati
i. Tim Kurator KEN 2022, Vera Damayanti

3️⃣ Rangkaian pembukaan Festival Port Numbay adalah sebagai berikut:

🔷 Dibuka dengan penampilan dari Numbay Band.

🔷 Pembacaan doa.

🔷 Penampilan Atraksi Budaya Tobati Sia Ria Natuka, tarian ini menceritakan seorang anak teluk yang dilanda dahaga disaat bekerja mencari kerang di laut dan melewati dari rumah ke rumah untuk meminta air minum.

🔷 Laporan Ketua Panitia oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Bapak Mathias Mano yang melaporkan Festival Port Numbay kembali masuk ke dalam Karisma Event Nusantara tahun 2022 “Explore T’Badic” mengusung tema “War Wani M’seruk Tadic Tafa Hau M’ras”. Event ini dilaksanakan di destinasi baru Pantai Hmensauw dengan rangkaian kegiatan terdiri dari lomba mancing, tour wisata Teluk Youtefa, pertunjukan kesenian, bincang kreatif serta pameran UMKM. Event ini didukung oleh Pemkot Jayapura dan Kemenparekraf. Harapannya kegiatan ini dapat membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

🔷 Penayangan video teaser ucapan selamat dari Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events).

🔷 Sambutan dari Inspektur 2 pada Inspektorat Utama Kemenparekraf, Bapak Kamal Rimosan, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Jayapura atas terlaksananya Festival Port Numbay yang kembali masuk ke dalam Karisma Event Nusantara 2022. Penyelenggaraan sebuah event merupakan langkah strategis untuk mempromosikan kekayaan tradisi, budaya, sumber daya alam yang dimiliki dan tentunya untuk mempromosikan destinasi wisata.
Oleh karena itu mari bersama bersinergi, berkolaborasi membangun pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Jayapura ini agar semakin maju, sehingga bisa menjadi lokomotif penggerak ekonomi di Kota Jayapura.

🔷 Penampilan tarian tradisional Tonotwiyat dari Mama Mama Hutan Perempuan Kampung Enggros.

🔷 Penampilan dari Numbay Band dan Dekapolis.

🔷 Sambutan sekaligus membuka kegiatan Festival Port Numbay oleh Wakil Walikota, Bapak Rustan Saru, dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Kemenparekraf. Sangat disayangkan acara yang sudah dibuat dengan meriah ini, tapi belum ramai pengunjungnya, untuk itu tugas dari Pemerintah Kota Jayapura melalui Dispar Kota Jayapura untuk lebih mempromosikan kembali event ini dengan bekerjasama dengan asosiasi pariwisata untuk dapat mendatangkan wisatawan. Selain itu dengan adanya pameran UMKM ini diharapkan produk-produk yang dipamerkan ini dapat dilanjutkan untuk dipromosikan di hotel-hotel yang ada di Kota Jayapura sehingga menjadi berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

🔷 Penampilan Reggae Jamming dari Golby The Comment Rasta.

🔷 Peresmian Kampung Wisata Tobati Pantai Hmensauw yang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Walikota Jayapura, Bapak Benhur Tomi Mano yang didampingi oleh Wakil Walikota Jayapura, Inspektur 2 pada Inspektorat Utama Kemenparekraf, Anggota DPRD Kota Jayapura, Kapolres Kota Jayapura, Danrem Kota Jayapura, Tokoh Adat Kampung Tobati, Kadispar Kota Jayapura.

🔷 Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba mancing mania Hmensauw.

🔷 Penampilan dari Numbay Band, Dekapolis dan Golby The Comment Rasta.

4️⃣ Penutupan acara dilaksanakan pada 22 Mei 2022 yang dihadiri oleh:

a. Inspektur 2 pada Inspektorat Utama Kemenparekraf, Bapak Kamal Rimosan.
b. Asisten 1 Pemkot Jayapura, Bapak Evert.
c. Anggota DPRD Kota Jayapura
d. Koramil Kota Jayapura
e. Para Kepala OPD Kota Jayapura
f. Kadispar Kabupaten Jayapura, Bapak John Wiklif
g. Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kota Jayapura
h. Perwakilan Direktorat Event Daerah Kemenparekraf, Ibu Diana Indriati
i. Tim Kurator KEN 222, Vera Damayanti

🔷 Laporan Ketua Panitia yang diwakili oleh Kabid Pemasaran Ekonomi Kreatif Dispar Kota Jayapura, Bapak Richard.

🔷 Penampilan Tarian Tifa yang menceritakan menari dan menyanyi sambil menabuh alat musik Tifa.

🔷 Closing statement dari pemegang hak wilayah Hmensauw yaitu Kepala Suku Hasor, Bapak Gerson Hasor. Beliau menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Kemenparekraf untuk dana DAK yang digunakan untuk membangun tempat ini. Untuk itu diharapkan kedatangan bapak Menparekraf ke tempat ini.

🔷 Closing statement Inspektur 2 pada Inspektorat Utama Kemenparekraf, Bapak Kamal Rimosan. Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan sebuah event sebaiknya dilaksanakan pada waktu yang telah ditetapkan, agar tidak merubah kalender event yang sudah ditetapkan dan kalender wisatawan.

🔷 Penutupan oleh Asisten 1 Pemkot Jayapura. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pendukung kegiatan atas dukungannya pada kegiatan ini. Kami berjanji untuk pelaksanaan tahun depan akan lebih baik lagi dan dapat dipromosikan secara luas lagi.

🔷 Penutupan acara ditandai dengan menabuh alat musik Tifa oleh Asisten 1 Pemkot Jayapura, Inspektur 2 Kemenparekraf, Kepala Suku Hasor, Dispar Kota Jayapura, Dispar Kab. Jayapura.

🔷 Acara ditutup dengan berbagai penampilan kesenian khas Papua.

5️⃣ Pameran UMKM diikuti oleh 20 UMKM yang dilaksanakan selama kegiatan berlangsung yang menjual produk kerajinan dan makanan khas Jayapura seperti Noken, kerajinan tangan dari kerang, Papeda dan lain-lain.

6️⃣ Evaluasi Kegiatan
Protokol CHSE Event
1. Akses masuk venue hanya ada satu.
2. Tidak ada pemeriksaan suhu di pintu masuk venue.
3. Mayoritas pengunjung tidak memakai masker.
4. Tidak ada jarak di bangku penonton.

Konten Event
1. Komposisi rangkaian acara seremonial lebih banyak dibandingkan atraksi seni dan budaya khas daerah.
2. Pertunjukan tari daerah yang ditampilkan sebaiknya dapat dilatih oleh koreografer profesional agar terlihat lebih menarik lagi.

Management Event
1. Kurangnya koordinasi dan persiapan yang matang, sehingga H-1 kegiatan lokasi masih berantakan.
2. Kurangnya penerangan lampu pada saat pembukaan acara, baik disekitar event maupun di tenda-tenda UMKM.
3. Pembukaan acara mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan.
4. Saat penampilan tarian, suara musiknya tidak terdengar.

Promosi Event
1. Undangan kegiatan dikirimkan H-1 sebelum kegiatan sehingga, banyak undangan yang tidak hadir.
2 Kurangnya promosi event sehingga tidak banyak pengunjung yang datang.
3. Tempat pelaksanaan acara yang masih baru menjadi kendala belum banyak masyarakat yang tahu.

Demikian kami sampaikan, terimakasih.

Pembukaan Acara : Laporan Ketua Panitia, Penayangan Teaser Ucapan Selamat dari Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Sambutan dari Perwakilan Kemenparekraf (Inspektur 2), Sambutan sekaligus membuka acara oleh Wakil Walikota Jayapura
Peresmian Kampung Wisata Tobati Pantai Hmensauw oleh Walikota Jayapura
Penampilan atraksi seni dan budaya hari pertama
Pameran UMKM
Bincang kreatif dan Tour Wisata Teluk Youtefa
Penutupan Acara : Laporan Ketua Panitia, closing statement Ketua Suku Hasor, closing statement perwakilan Kemenparekraf (Inspektur 2), sambutan penutup dari Asisten 1 Pemkot Jayapura
Penampilan atraksi seni dan budaya hari kedua

Link Media Online

1. https://www.indonesia.travel/event/id/categories/cultural/festival-port-numbay-2022-bakal-hadir-lagi-ini-jadwal-dan-lokasinya

2. https://tribratanews.papua.polri.go.id/2022/05/22/hadiri-pembukaan-festival-port-numbay-explore-tbadic-kapolresta-serahkan-hadiah-ke-pemenang-lomba-mancing/

3. https://karanganyarnews.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-1904524816/7-serba-serbi-festival-port-numbay-2022-yang-bisa-menambah-cinta-budaya

4. https://papua.tribunnews.com/2022/05/20/dispar-jayapura-gelar-festival-port-numbay-explore-tbadic-momentum-bangkitkan-sektor-pariwisata

5. https://travellingindonesia.com/cintai-budaya-adat-melalui-festival-port-numbay-2022

Author:

Tinggalkan Balasan