Diving, Resort and Travel (DRT) Taiwan 2022

Laporan pelaksanaan kegiatan Diving, Resort and Travel (DRT) Taiwan 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 Maret 2022 di Flora Exposition Taipei dan juga secara online pada tanggal 11 – 17 Maret 2022.

⭕ Kehadiran delegasi Kemenparekraf di pameran ini diwakilkan oleh:
1. Bapak Ichwan Joesoef, Kepala Bidang Pariwisata KDEI Taipei
2. Sinta Yudhapraja, Staf Bidang Pariwisata KDEi Taipei

⭕ Hasil laporan kegiatan DRT Taiwan 2022, sebagai berikut:

1. Kegiatan ini merupakan pameran terbesar se-Asia salah satunya adalah di Taiwan. Kegiatan yang bersifat business to consumer ini bertujuan untuk mempertemukan seluruh pelaku bisnis wisata selam seperti operator selam, suppliers, agen travel, dan industri pendukung lainnya serta mendorong orang-orang untuk memiliki minat selam maupun peduli terhadap ekologi laut. Selain itu, kegiatan ini juga membangkitkan kembali industri pariwisata selam yang terdampak adanya pandemi Covid-19.

2. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama acara antara lain:
– Pameran Business to Consummer : Aktivitas promosi yang dilaksanakan oleh industri yang hadir dalam mempromosikan produknya kepada para pengunjung pameran. Hasil dari booking maupun penjualan yang terjadi selama pameran berlangsung sebagai potential transaction akan menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan pada tahun mendatang.
– Pelayanan informasi terkait pariwisata Indonesia: Pada meja seller menjadi sarana dalam bertukar informasi mengenai produk yang ditawarkan kepada buyers dan juga mendistribusikan bahan promosi pariwisata serta souvenir bagi pengunjung yang mendatangi booth.
– Presentasi Pariwisata Indonesia pada stage program dibawakan oleh Marketing Director Joy Travel, Kenny Chen yang disampaikan dalam bahasa Mandarin yang dilanjutkan diving coach tentang pengalaman-pengalaman beliau diving di kawasan Indonesia.
– Setelah penyampaian _product knowledge dan sharing story_, masing-masing pembicara diberikan souvenir Wonderful Indonesia oleh perwakilan Indonesia.

3. Meski dalam masa pandemic Covid-19, para pengunjung lokal (Taiwan) cukup antusias menghadiri pameran ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

4. Seller yang berpartisipasi dalam booth Indonesia antara lain:
Peserta Offline:
– Joy Travel
– Qian Meng
– Mola mola Liveaboard
– FesTour
– TITDEA
– KDEI Taipei

Peserta Online
– Augustine Phinisi
– Komodo Divers Paradise
– Moro Mo Doto
– Mola Mola Liveaboard

5. Jumlah pengunjung yang hadir di booth Indonesia:
– Hari pertama 288 pengunjung,
– Hari kedua 772 pengunjung
– Hari ketiga 965 pengunjung.
Total pengunjung yang terdata selama pameran 3 hari di booth Indonesia adalah 2.025 pengunjung.

Kesimpulan:
1. Fest Tour dan TITDEA pada pameran kali ini menjelaskan awareness campaign dan persiapan menyambut dibukanya border Taiwan dan VOA Indonesia.

2. Mola Mola menginfokan bahwa beberapa pengunjung yang mengunjungi booth nya adalah 8 instruktur selam asing, 2 diving center dan 1 dari Kantor Administrasi DIWA menanyakan booking di tahun 2023 dan tertarik untuk mengunjungi Komodo, Banda Sea dan Raja Ampat.
Ada dua pengunjung dari Jerman yang rencananya akan membeli paket ke Komodo tahun ini dan akan di follow up kembali oleh pihak Seller.
Jika Taiwan telah membuka border, rencananya akan melakukan perjalanan ke Tulamben, Bali sebagai pemberhentian pertama dan sudah ada grup sekitar 18 orang dari underwater photografer.

3. Potential customer yang telah tercatat di booth Indonesia kurang lebih 47 orang dan prospek untuk kembali di follow up sekitar 400 orang.

Laporan dibuat oleh : Kurniastuti Kusuma

Dokumentasi

Para pengunjung yang datang ke booth Indonesia pada event DRT Taiwan 2022
Presentasi Pariwisata Indonesia yang dibawakan oleh Marketing Director Joy Travel, Kenny Chen dan dilanjutkan dengan diving coach
Iklan destinasi wisata selam di Menjangan, Bali pada Majalah EzDive
Poster di pillar venue
Informasi mengenai partisipasi Kemenparekraf pada DRT Taiwan 2022 dan iklan destinasi wisata selam di Labuhan Bajo dan Bunaken yang di posting pada Facebook DRT Show
Lounge dan Gate Online Exhibition, booth peserta online seperti Augustine Phinisi, Moro Mo Doto, Komodo Divers Paradise, Mola Mola Liveaboard dan Kemenparekraf
Author:

Tinggalkan Balasan