Festival Pesona Bau Nyale 2022

Laporan kegiatan Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2022 yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2022 di Novotel Beach Area, Mandalika, NTB.

Festival Pesona Bau Nyale masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2022. Event ini merupakan festival tradisi turun – temurun masyarakat Sasak Lombok dengan menangkap cacing Nyale (cacing laut warna – warni) yang muncul sekali setahun di Pantai Selatan Lombok. Festival ini merupakan festival legendaris dengan memiliki sejarah dan nilai budaya yang melekat erat dalam masyarakat Lombok. Selain menangkap cacing, event ini juga diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti Pemilihan Putri Mandalika, Bepaosan, Peresean dan Mandalika Fashion Carnival. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah dan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk seluruh penyelenggaraan rangkaian acaranya.

Konsep penyelenggaraan event secara hybrid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan/CHSE dan pembatasan pengunjung.

🔴 Acara dihadiri oleh :
1. Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
2. Bapak Dr. H. Zulkieflimansyah – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat
3. Bapak Mori Hanafi, Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB
4. Bapak Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto – Kapolda Provinsi NTB
5. Bapak Lalu Gita Ariadi – Sekretaris Daerah Provinsi NTB
6. Ibu Desi Ruhati Ghani, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf RI
7. Bapak Mayor Budi, Paspotmar Lanal Mataram
8. Bapak Kolonel Khairun Aslam, Komandan Lanud ZAM Rembige
9. Bapak Drs. H. Lalu Pathul Bahri – Bupati Lombok Tengah
10. Ibu Lale Prayatni – Wakil Ketua Dekranasda Provinsi NTB
11. Bapak Yusron Hadi – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB
12. Bapak Najamudin – Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB
13. Ibu Nuryanti, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB
14. Bapak Bram – Direktur ITDC Lombok
15. Bapak Lendek Jayadi – Kepala Dinas Pariwisata Kab. Lombok Tengah
16. Bapak Eko Supriyanto, Tim Kurator Kharisma Event Nusantara
17. Bapak Roestiandi Tsamanov – Managing Director LEtape Indonesia
18. Bapak Zacky Badarudin – Director L’Etape Indonesia

🔴 RANGKAIAN ACARA

🔸 Minggu, 20 Februari 2022

Susunan Acara pada Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2022 di Novotel Beach Area sebagai berikut :

🔹Gala Dinner

🔹MC membuka acara

🔹Seluruh Tamu Undangan dan Peserta berdiri Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

🔹Pembacaan Doa / Ritual Nyale

🔹Sambutan Bupati Lombok Tengah, Bapak Lalu Pathul Bahri. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sudah 3 tahun terakhir ini festival Bau Nyale tidak pernah diadakan karena mengingat pandemi covid-19 melanda Nusa tenggara barat bahkan secara nasional maupun internasional. Beliau merasa bersalah jika acara tahunan seperti ini tidak dilaksanakan, ini semua untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Berkat kerjasama dan melalui rapat bersama Forkompinda Lombok Tengah beserta tokoh agama dan budaya sepakat untuk melaksanakan festival Bau Nyale di kawasan ekonomi khusus Mandalika di ujung pantai selatan. Tidak lupa beliau mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah pusat dan provinsi NTB atas dukungannya terhadap Festival Bau Nyale.

🔹Pemutaran Bumper Video “The Story of Mandalika”

🔹Tarian Kolosal Sasak Dance Paguyuban Terune Dedare

🔹Penobatan Putri Mandalika 2022 Oleh Ibu Sekda Provinsi NTB

🔹Sambutan dari Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak Zulkieflimansyah. Beliau mengungkapkan Mandalika adalah satu spirit yang sering diceritakan oleh orang tua agar setelah penat berkelahi dengan kehidupan, Mandalika menawarkan kegembiraan bagi masyarakat. Dan kini Mandalika telah menjadi one of the best destination in the world yang diburu oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Mandalika menjelma menjadi Sirkuit Mandalika. Dan mudah-mudahan dengan hadirnya berbagai event internasional spirit of Mandalika dapat memberikan senyuman prestasi terbaik, dan kegembiraan bagi masyarakat. Beliau juga memberikan apresiasi kepada Bupati Lombok Tengah dan stakeholder lainnya sehingga festival tersebut sukses diselenggarakan tahun ini. Menurut beliau, Festival Bau Nyale telah berskala nasional, sehingga akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi masyarakat sekitar, tetapi juga daerah lainnya dengan tetap menguatkan nilai-nilai budaya. Oleh karena itu, berbagai rangkaian kegiatan mulai dari “sangkep warige” atau penentuan acara kegiatan Bau Nyale tetap melibatkan tokoh agama dan masyarakat adat. Beliau mengajak Bupati Lombok tengah dan Forkompinda festival Bau Nyale untuk terus dirayakan karena Mandalika saat ini sudah bermetamorfosis bukan hanya tempat biasa tetapi sudah menjelma sebagai one best street circuit in the World.

🔹Sambutan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam sambutannya beliau menyampaikan Festival Bau Nyale 2022 dengan tema Spirit of Mandalika ini diharapkan sebagai momentum persiapan menghadapi MotoGP sebagai pra-event. Festival ini merupakan tradisi turun-temurun dari masyarakat Sasak Lombok yang harus dilestarikan dan ini juga tradisi untuk menangkap cacing nyale, cacing laut warna warni yang muncul sekali setahun di pantai selatan Lombok. Beliau menyebutkan, Festival Bau Nyale memiliki legenda yang sangat menarik sebagai nilai jual untuk sektor pariwisata. Festival ini dapat menjadi motivasi masyarakat khususnya NTB untuk bangkit, berkolaborasi, dan membuka kembali sektor ekonomi, sosial, budaya, serta lingkungan. Beliau juga terus mengimbau kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM, agar aktif dalam mengambil peluang dari event-event internasional yang akan diselenggarakan di Mandalika. Kemenparekraf akan terus mendorong event-event nasional agar dapat menarik lebih banyak wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Sehingga, gelaran event ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

🔹 Pementasan Ritual Adat Puji Mulia

🔹Penampilan Band Lokal oleh Ary Juliant

🔹Penampilan Sendratari Pemda

🔹Penampilan Band Lokal oleh Dipa & Friend

🔹Pepaosan

🔹Betandaq

🔹Penutupan oleh MC

🔹Prosesi Penangkapan Nyale oleh seluruh tamu undangan dan pengunjung acara

🔴 KESIMPULAN & EVALUASI
1. Penerapan protokol kesehatan kurang baik selama penyelenggaraan rangkaian kegiatan, seperti saat kegiatan Peresean pengunjung memadati venue dan berkerumun serta tidak menggunakan masker.
2. Tidak ada Barcode PeduliLindungi di Malam Puncak Festival Bau Nyale, tetapi sudah disiplin dalam menggunakan masker dan social distancing.
3. Tim Kurator lokal yang sudah turut membantu persiapan atraksi sebaiknya juga disampaikan ke tim Kemenparekraf agar bisa diapresiasi oleh Menteri.
4. Di mata kurator yang hadir dalam acara, konsep acara dianggap belum terlalu matang dan ada ketidaksesuaian antara atribut/kostum dan pengemasan acara.
5. Respon masyarakat terhadap penyelenggaraan event ini sangat meriah dan antusias
6. Sebagai side event, penyelenggaraan event Bau Nyale sangat cocok sebagai momentum persiapan menghadapi Moto GP
7. Sangat baik untuk melestarikan tradisi Masyarakat Sasak Lombok yang sudah turun temurun menangkap Nyale

Secara keseluruhan kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2022 telah terlaksana dengan lancar dan aman.
Demikian laporan ini disampaikan. Terima kasih

Pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan para tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa
Pemutaran Bumper Video “The Story of Mandalika” dan Tarian Kolosal Sasak Dance Paguyuban Terune Dedare
Penobatan Putri Mandalika 2022 Oleh Ibu Sekda Provinsi NTB
Sambutan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Bupati Lombok Tengah
Sesi Foto Bersama
Pementasan Ritual Adat Puji Mulia dan Penampilan Band Lokal serta Sendratari Pemda
Prosesi Penangkapan Nyale oleh seluruh pengunjung acara dan warga sekitar
Author:

Tinggalkan Balasan