Kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai Melalui Developing Infographics Training

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai Melalui Developing Infographics Training yang bertempat di Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah Bekasi Pada tanggal 21 – 23 Januari 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pembuatan infografis sebagai instrumen Digital Branding & Marketing serta untuk meningkatkan kualitas penyajian data dan informasi pelaksanaan kegiatan kepada para Koordinator, Subkoordinator dan pegawai di lingkungan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events).

Peserta peningkatan kompetensi pegawai melalui Developing Infographics Training berjumlah 22 orang yang merupakan perwakilan masing-masing Direktorat di lingkungan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events).

Kegiatan ini dihadiri oleh 2 (dua) orang narasumber, yaitu :
👉 Bapak Partono Rudiarto, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer
👉 Bapak Rondi Hidayat, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer

Acara ini dibuka oleh Ibu Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events). Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai Melalui Developing Infographics Training merupakan upaya adaptasi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) di era digital (Internet of Things dan Big Data) dalam rangka menunjang kinerja pegawai dalam penyusunan bahan paparan yang lebih estetik dan informatif. Selain itu, pelatihan ini juga bersifat crucial untuk menunjang karir pegawai terutama dalam hal konversi angka kredit.

Sambutan sekaligus Pembukaan Acara oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event)

Adapun materi yang disampaikan narasumber adalah sebagai berikut:

1. Materi What is An Infographic, Common Infograhic Style, Getting Good Ideas, dan Telling The Story oleh Partono Rudiarto, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer.
– Komunikasi visual sebagai seni untuk berbagi informasi dalam bentuk visual dengan mengkombinasikan teks pendek dengan simbol-simbol, pola, warna, dan bentuk
– Infografis merupakan komplikasi simbol universal, illustrasi, dan visualisasi data dengan teks yang singkat untuk menceritakan fenomena secara kohesif.
– Infografis memanfaatkan suasana (tone) warna sebagai kelebihannya
– Menggunakan font yang tepat memicu perasaan yang tepat
– Pentingnya data yang dibutuhkan dalam mendesain infografis

Sesi Materi oleh Bapak Partono, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer

2. Materi The call to Action, Avoiding Common Pitfalls, dan The Design Brief oleh Rondi Hidayat, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer.

– Pentingnya pemilihan visualisasi data yang tepat agar informasi mudah dipahami dan dikomunikasikan
– Mengenal tipe-tipe data
– Keterhubungan data
– Tipe tipe chart serta tips desain chart

Sesi Materi oleh Bapak Rondi Hidayat, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer

3. Seluruh peserta melakukan simulasi implementasi materi visualisasi data dan proses desain infografis untuk mendesain bahan paparan rapat kinerja DPR.

Lalu Penutupan di tutup oleh Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)

Sesi Penutup oleh Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)
Author:

Tinggalkan Balasan