Festival Teluk Jailolo 2021

Hari/Tanggal : Rabu-Sabtu, 9-12 Juni 2021

Lokasi : Halmahera Barat, Maluku Utara

Festival Teluk Jailolo 2021 masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara kategori Event Berbasis Adaptasi dan Inovasi. Tahun ini mengangkat tema “The Harmony of the Spice Island”. Rangkaian kegiatannya dilaksanakan secara hybrid (online dan offline) yang disiarkan pada akun Youtube Pesona Halmahera Barat https://youtu.be/HZ04WIVteYw .

Berikut rangkaian acaranya:

🔴 RANGKAIAN ACARA

HARI PERTAMA, 9 JUNI 2021

Opening Ceremony Festival Teluk Jailolo 2021

🔹Kegiatan ini dihadiri oleh :

  1. Bupati Kab. Halmahera Barat, Bapak James Uang
  2. Kadisparekraf Kab. Halmahera Barat, Ibu Fenny Kiat
  3. Kurator Kharisma Event Nusantara (KEN)
  4. Kapolres Kab. Halmahera Barat
  5. DANDIM 1501
  6. KAJARI Halbar
  7. Ketua DPRD Kab. Halmahera Barat
  8. Batalyon Infanteri 732
  9. Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Halmahera Barat
  10. Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Halmahera Barat

🔶Rangkaian kegiatan Opening Ceremony Festival Teluk Jailolo 2021 adalah sbb :

  1. Laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Halmahera Barat Ibu Fenny Kiat. Dalam laporammya Beliau menjelaskan bahwa FTJ merupakan event promosi daerah yg dilaksanakan rutin setiap tahunnya. FTJ kembali masuk dalam sbg salah satu KEN (Kharisma Event Nusantara) dan masuk dalam 10 terbaik kategori event berbasis adaptasi dan inovasi. Pelaksanaan tahun ini berbeda dgn tahun2 sebelumnya krn harus diselenggarakan dlm bentuk hybrid (online dan offline) guna membatasi angka kerumuman di venue event. Selain sbg event promosi daerah, namum sbg platform pelestarian budaya Halmahera Barat. Melalui event ini jg menjadi arena edukasi dlm menghadapi hybrid concept. Tema tahun ini “The Harmony of Spice Island” memiliki maksud keberagaman suku, budaya, ras dan agama di Halmahaera Barat dipersatukan kembali dalam harmoni utk membangkitkan kembali kepulauan rempah menjadi destinasi wisata unggulan yang mendunia.
  1. Sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Bupati Kabupaten Halmahera Barat Bapak James Uang. Dalam sambutannya Beliau mengatakan bahwa COVID-19 memberikan dampak yg serius di Maluku Utara. Kemenparekraf telah membuat terobosan untuk menggerakan perekonomian masyarakat dgn menghadirkan konsep virtual dgn menggelar Festival Teluk Jailolo 2021. Halmahera Barat jg harus terus berupaya agar pelaku UMKM ekraf dan pariwisata bisa terus menggeliat, oleh karena itu muncul ide bahwa penyelenggaraan FTJ 2021 dilaksanakan dgn konsep hybrid. Hal ini dilaksanakan guna membangkitkan dan membangun optimisme rakyat untuk menggerakan perekonomian di Halmahera Barat. FTJ 2021 dilaksanakan dgn kombinasi offline dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan online yg dikemas dan digaungkan kepada seluruh dunia melalui jaringan sosial.
  2. Selanjutnya pemukulan alat musik tifa oleh Bupati Halmahera Barat secara bersama-sama dgn para undangan VIP sebagai tanda bawa Festival Teluk Jailolo 2021 telah resmi dibuka.

🔶 Setelah pembukaan acara FTJ, kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan pada hari pertama adalah sbb :

  1. Dancing in the Sunset. Menampilkan tari-tarian daerah yang dilaksanakan di Pantai Lapasi pada sore hari.
  2. Pentas Seni Budaya Halmahera Barat. Menampilkan acara musik dan tarian daerah di lokasi Festival Teluk Jailolo.

HARI KEDUA, 10 JUNI 2021

🔶 Rangkaian kegiatan pada hari kedua pada Festival Teluk Jailolo 2021 adalah sbb :

  1. Festival Pesta Tani. Pada kegiatan ini masyarakat mmenampilkan hasil alam potensi pertanian Halmahera Barat dan mengadakan lomba mengupas kelapa.
  2. Talkshow Ekonomi Kreatif yang dilaksanakan secara hybrid (melalui kanal promosi Dinas Pariwisata Kab. Halmahera Barat) dan secara offline di Villa Gaba.
  3. Ritual Orom Sasadu. Masyarakat berkumpul di Rumah Adat Sasadu yg berada di Desa Gamomeng pada malam hari dgn menjalankan ritual adat yg dipimpin oleh Kepala Adat dan ditutup dgn acara makan bersama. Ritual ini dijalankan dalam rangka sebagai ucapan syukur atas hasil panen yang didapatkan.

HARI KETIGA, 11 JUNI 2021

🔶 Rangkaian kegiatan pada hari ketiga pada Festival Jailolo 2021 adalah sbb :

  1. Fun Dive. Kegiatan menyelam untuk melihat keindahan bawah laut Jailolo.
  2. Pertunjukan Teater Kuliner 7 (tujuh) Suku Asli. Acara tsb menampilkan pentas seni berupa tari-tarian dan musik dari 7 suku asli Halmahera Barat dan suguhan berbagai jenis makanan khas dari masing-masing suku asli Halmahera Barat yang dimasak langsung oleh penduduk lokal.

HARI KEEMPAT, 12 JUNI 2021

Ceremony Puncak Festival Teluk Jailolo 2021

🔹 Kegiatan ini dihadiri oleh :

  1. Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf
  2. Gubernur Maluku Utara atau yg mewakili
  3. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Maluku Utara
  4. Bupati Kab. Halmahera Barat
  5. Wakil Bupati Kab. Halmahera Barat
  6. Bupati/Walikota se Maluku Utara
  7. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Halmahera Barat
  8. Danyonif Raider khusus 737 Banau
  9. Pimpinan dan anggora DPRD Kab. Halmahera Barat
  10. Pimpinan instansi vertikal se Kab. Halmahera Barat
  11. Forum SKPD Kab. Halmahera Barat
  12. Ketua dan Wakil Ketua serta anggota Tim Penggerak PKK

🔶 Rangkaian kegiatan pada Ceremony Puncak Festival Jailolo 2021 adalah sbb :

  1. Pertunjukan “Sasadu on The Sea” yang menampilkan tarian dan nyanyian di atas panggung yang dibangun di atas laut.
  2. Sambutan Penutup oleh Bupati Kab. Halmahera Barat, Bapak James Uang. Dalam sambutannya Beliau mengucapkan terimakasih kepada Kemenparekraf yang telah mendukung penuh terlaksananya Festival Teluk Jailolo 2021 yang telah tertunda pada tahun sebelumnya dikarenakan Covid-19. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini karena dapat berjalan dengan lancar.
  3. Sambutan penutup oleh Bupati Kab. Halmahera Barat, Bapak James Uang. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kemenparekraf yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya Festival Teluk Jailolo 2021 dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jailolo yang telah berpartisipasi kegiatan hari ini.
  4. Sambutan dan penutup sekaligus launching Indonesia Negeri 1000 Festival oleh Stat Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf, Bapak Josua Puji Mulia Simanjuntak. Beliau menyampaikan beberapa hal sbb :
  • Terima kasih pada seluruh pihak yang telah berparitisipasi pd kegiatan ini.
  • Kemenparekraf mendukung dan mengambil momen Festival Teluk Jailolo untuk melaunching Gerakan “Indonesia Negeri 1000 Festival”.
  • FTJ menjadi benchmark festival-festival yang akan dijalankan di Indonesia dan bahkan mgkn akan dilahirkan di Indonesia Negeri 1000 Festival.
  • Diharapkan dapat meluncurkan festival-festival baru di Halmahera Barat dan Maluku Utara.
  1. Peluncuran “Indonesia Negeri 1000 Festival” oleh Bapak Josua Puji Mulia Simanjuntak didampingi oleh Genpi Nasional dan Genpi Halmahera Barat menjadi penutup dari rangkaian acara Festival Teluk Jailolo 2021.

Demikian disampaikan. Kami ucapkan terima kasih.

Operning Ceremony

 

 

 

 

 

 

 

 

Dancing on The Sunset dan Pentas Seni Budaya Halmahera Barat

Kegiatan Pesta Tani, Talkshow Ekraf, dan Ritual Orom Sasadu

Festival Teater Kuliner 7 Suku

Pertunjukan Sasadu on the Sea sebagai acara puncak

Sambutan penutup oleh Bupati Halmahera Barat sekaligus Peluncuran Indonesia Negeri 1000 festival oleh Bapak Joshua Puji Mulia Simanjuntak

Author:

Tinggalkan Balasan