Diving Resort and Travel (DRT) SHOW Taiwan 2021 – Virtual Exhibition

Mohon izin melaporkan Pelaksanaan Diving Resort and Travel (DRT) SHOW Taiwan 2021 – Virtual Exhibition pada 18 s.d. 24 Juni 2021 (7 hari), pukul 10.00 s.d. 18.00 WITA/Teipei di https://online.drtexpo.com/zh-tw/index.html .

Info resmi tanggal 28 Mei 2021, DRT SHOW Taiwan 2021 – “Physical Exhibition” ditunda ke tahun 2022 dengan alasan melonjaknya kasus Covid -19 di Taiwan. DRT SHOW Taiwan 2021 beralih penuh pada Virtual Expo.

🔵Informasi pelaksanaan DRT SHOW Taiwan 2021, Virtual Exhibition sbb:
1️⃣Terdapat 62 Exhibitors dari berbagai negara berpartisipasi pada kegiatan DRT SHOW Taiwan 2021, Virtual Exhibition ini. Indonesia turut berpartisipasi dengan memaksimalkan slot yang diberikan dengan menghadirkan 13 Virtual booth, terdiri dari 12 exhibitors bahari, resort & travel dan 1 virtual booth official government dari gabungan Kemenparekraf dan KDEI Teipei. Exhibitors yang ikut serta adalah sbb:
– Derawan Dive Lodge,
– Dune Atlantis
– Fish In Air Dive Center
– Legend Diving, Nusa Lembongan
– Mola mola Live aboard
– Moro Ma Doto
– Papua Explorers Dive Resort
– Raja Ampat Biodiversity Resort
– Scuba Crew
– Scuba with Melky
– Tasik Diver
– Udive Bali
keterangan dan persiapan para exhibitors Indonesia dapat diakses pada link berikut http://tiny.cc/vl92uz.
2️⃣Berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada para industri, ditemukan bahwa belum adanya potensial transaksi satupun, visitors yang datang pada virtual booth Indonesia, hanya mendapati pertanyaan-pertanyaan umum, dan tidak semua exhibitors mendapatkan pertanyaan, justifikasi dari Team DRT Taiwan sbb:
– Pameran virtual ini adalah kosep pemasaran yang baru untuk mereka.
– Situasi Covid-19 saat ini dengan pembatasan di berbagai negara termasuk Taiwan tidak memungkinkan penduduknya untuk bepergian, apabila situasi Covid-19 di Taiwan sudah baikan dan dibuka kembali, Team DRT Taiwan yakin visitors akan berbondong-bondong membeli dan memaksimalkan pameran ini.
– Team DRT Taiwan percaya DRT Show Taiwan 2021, Virtual Expo telah berhasil mempromosikan bisnis menyelam, mendapatkan awareness dan menjaga mitra bisnis serta pelanggan untuk memulai kembali hubungan bisnis, didukung dengan data kunjungan selama 7 hari, 18 s.d. 24 Juni 2021, pada pukul 10.00 s.d. 18.00 WITA/Teipei diperoleh total pengunjung sebanyak “117.304”. (terlampir) dengan Visitors terbanyak berasal dari Taiwan (terlampir)
3️⃣Virtual booth Wonderful Indonesia yang dikelola langsung oleh Direktorat Wisata Minat Khusus dan KDEI Teipei mendapatkan beberapa pertanyaan umum sbb:
– Apakah Indonesia sudah dibuka secara Internasional?
– Prosedur apa yang harus diikuti dan dipersiapkan untuk datang ke Indonesia? apakah masih perlu isolasi mandiri?
– Apakah Indonesia memiliki travel bubble dengan Taiwan?
– Apakah border Indonesia sudah dibuka pada musim panas?
– Bagaiamana situasi Covid-19 di Indonesia? berbagai berita mengatakan, apakah benar masih cukup besar jumlah kasus Covid-19 di Indonesia?
4️⃣ Fitur untuk para exhibitors di DRT SHOW Taiwan 2021, Virtual Expo dianggap kurang efektif untuk beberapa exhibitors, karena masih mendapat kekurangan seperti akun akan ter log out secara otomatis apabila tidak ada aktifitas selama 15 menit, dan tidak adanya notifikasi langsung menuju handpohone, atau email, jadi exhibitors kesulitan untuk merespon seara realtime.
5️⃣Secara umum, para exhibitors Indonesia sangat senang Kemenparekraf berpartisipasi pada kegiatan DRT SHOW Taiwan 2021, Virtual Expo, karena menjadi wadah bagi mereka dalam melakukan cara baru untuk memasarkan produk, Para industri berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan

✳️ Saran dan Evaluasi DRT SHOW Taiwan 2021, Virtual Expo
1. Kondisi Covid-19 di negara Taiwan saat ini sedang melonjak dan tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan, jadi wajar apabila ada kelesuan dalam membeli paket meskipun itu dalam virtual expo
2. Harapan agar exhibition kedepannya difokusan pada negara maju yang telah mencapai heart imunity, dan telah tervaksin dengan baik.
3. Secara umum keikutsertaan Indonesia di DRT SHOW Taiwan 2021, Virtual Exhibition adalah untuk menginformasikan kepada dunia khususnya Taiwan jika Indonesia sudah siap menerima kunjungan wisatawan mancanegara dengan payung kampanye InDOnesia CARE salah satunya dengan protokol CHSE yang ketat, dan hal ini telah diterapkan pada setiap virtual booth Exhibitors Indonesia.

❇️Tindak Lanjut DRT SHOW Taiwan 2021
Kemenparekraf akan menjadikan DRT SHOW Taiwan 2021, Virtual Exhibition sebagai dasar strategi partisipasi di tahun 2022, kemenparekraf juga masih memiliki lahan yang telah terbayarkan dari tahun 2019 sebesar 72 Sqm untuk Physical Exhibition kedepannya.

✅ Dokumentasi dan bahan pendukung terlampir.

virtual booth dari Raja Ampat Biodiversity Resort, Fish In Air Dive Center, Tasik Diver, Udive Bali
virtual booth dari gabungan Kemenparekraf dan KDEI Teipei
Jumlah kunjugan setiap harinya pada DRT SHOW Taiwan 2021 – Virtual Exhibition, pada 18 s.d. 24 Juni 2021 (7 hari), pukul 10.00 s.d. 18.00 WITA/Teipei, sumber: Team DRT SHOW
Negara-negara yang berkunjung pada DRT SHOW Taiwan 2021 – Virtual Exhibition, sumber: Team DRT SHOW
Beberapa contoh pertanyaan yang masuk pada virtual booth Wonderful Indonesia dan KDEI Teipei

Disusun oleh : Fehmiu Octavino dan Irwadi Tamamuddin

 

Author:

Tinggalkan Balasan