Kendari Triathlon 2021

Laporan pelaksanaan event Kendari Triathlon 2021 pada Sabtu, 29 Mei 2021 dan Community Ride pada Minggu, 30 Mei 2021 bertempat di Kawasan Pantai Kendari, Kota Kendari.

🅰️ Kendari Triathlon 2021

Event dihadiri oleh:
1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (secara virtual)
2. Bapak H. Ali Mazi, SH – Gubernur Sulawesi Tenggara
3. Komandan Korem 143 Haluoleo (HO) Kendari Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan
4. Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, S.Sos – Kepala BIN Daerah Sulawesi Tenggara
5. Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya SH – Kapolda Sulawesi Tenggara
6. Bapak H. Sulkarnain Kadir, SE., ME – Walikota Kendari
7. Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos.
8. Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo, S.I.P.
9. Ibu Dessy Ruhati – Direktur Event Nasional dan Internasional
10. Para pimpinan OPD Kota Kendari dan pejabat lainnya.

1️⃣ Event Kendari Triathlon 2021 adalah event olahraga trilomba (renang, sepeda, lari) kategori sprint distance kolaborasi bersama Kemenparekraf, Pemkot Kendari dan Indonesia Triathlon Series (ITS) sebagai seri ke-2 dari rangkaian Fit Trip: Jelajah Indonesia setelah pelaksanaan pertama di Belitung.

2️⃣ Berbeda dengan seri pertama yang menggunakan sistem peserta undangan, Kendari Triathlon 2021 terbuka untuk umum dan diikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari 24 peserta asal Kendari dan 24 peserta non-Kendari (8 asal DKI Jakarta; 2 asal Jawa Barat; 2 asal Jawa Tengah; 6 asal Jawa Timur; 1 asal Banten; 2 asal Sumatera Selatan; dan 3 asal Sulawesi Tengah).

3️⃣ Detail venue adalah:
a) Renang di Pantai Kendari dengan swim course sejauh 750m;
b) Sepeda mengitari Teluk Kendari sejauh 20Km;
c) Lari di Jl. Ir. H. Alala sejauh 5Km (PP).

4️⃣ Kaitannya dengan penerapan protokol CHSE, seluruh peserta, tamu undangan, dan panitia diwajibkan untuk memakai gelang putih sebagai tanda bahwa telah melakukan swab antigen dengan hasil negatif sebelum mengikuti event untuk memastikan keamanan penyelenggaraan event ini.

5️⃣ Event dibuka pada pukul 06.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh:
a) Bapak H. Sulkarnain Kadir, SE., ME – Walikota Kendari
Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kepercayaan yang telah diberikan kepada Kota Kendari untuk menjadi salah satu tuan rumah Fit Trip: Jelajahi Indonesia diharapkan dapat membuka peluang yang lebih besar untuk penyelenggaraan event di Kota Kendari. Selain itu, disampaikan pula bahwa Kota Kendari bertekad dan akan berkomitmen penuh dalam penyelenggaraan event-event nasional yang akan datang.

b) Bapak H. Ali Mazi, SH – Gubernur Sulawesi Tenggara
Dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya Kendari atas penyelenggaraan Kendari Triathlon 2021 sebagai event nasional offline pertama yang dilaksanakan di Kendari pada masa pandemi. Beliau berharap dengan event ini Kendari dapat menjadi ikon wisata olahraga di Indonesia dan dapat menjadi momentum untuk memasyarakatkan olahraga dan mencari bibit unggul atlet di Sulawesi Tenggara.

c) Bapak Sandiaga S. Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kedisiplinan semua pihak pada penerapan protokol CHSE sehingga seri ke-2 Fit Trip: Jelajahi Indonesia dapat terlaksana. Selain itu juga disampaikan bahwa beliau akan turut serta melakukan olahraga triathlon di Jakarta untuk menambah semangat para peserta.

6️⃣ Pelepasan peserta (flag off) dilaksanakan pukul 06.48 WITA. Start swim dibagi menjadi 10 gelombang dengan masing-masing gelombang terdiri dari 5 peserta agar menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

7️⃣ Setelah menyelesaikan sesi renang dengan swim course berbentuk segitiga sejauh 750m, peserta menuju area transisi untuk melanjutkan sesi sepeda dengan rute mengelilingi Teluk Kendari sejauh 20Km kemudian kembali ke titik Start untuk melanjutkan sesi lari di Jl. Ir. H. Alala sejauh 5Km (PP).

8️⃣ Finisher pertama Kendari Triathlon 2021 untuk kategori Male Overall adalah Nikolas Frederik Rama Putra Van Kempen dengan catatan waktu 1 jam 44 detik dan untuk kategori Female Overall adalah Nethavani Octaria dengan catatan waktu 1 jam 8 menit 27 detik. Kemudian untuk urutan selanjutnya adalah:
Male Overall:
2. Aloysius Reckyardo Mardian (01:01:04)
3. Ronald Bintang Setiawan (01:04:29)
Female Overall:
2. Chomairoh Bella Agripina (01:13:35)
3. Renata Berliana Aditya (01:13:39)

Adapun untuk urutan finisher Local Triathlete adalah:
Top Kendari Male:
1. Erlink (01:12:06)
2. Doni Syafar (01:17:06)
3. Jusman Harianto (01:21:14)
Top Kendari Female:
1. Dhea Meisy Aurillie (01:29:18)
2. Fimy Anissa Sulistiany Syaiful (01:31:10)
3. Ardita Ningsi (01:35:38)

🅱️ Community Ride

Event dihadiri oleh:
1. Bapak H. Sulkarnain Kadir, SE., ME – Walikota Kendari
2. Ibu dr. Hj. Siska Karina Imran, SKM – Wakil Walikota Kendari
3. Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos.
4. Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo, S.I.P.
5. Bapak Amir Hasan, STP, SH, M.Si – Kasatpol PP Kota Kendari
6. Wahyu Wicaksono – Subkoordinator Event Internasional Utama

1️⃣ Community Ride dilaksanakan pada Minggu, 30 Mei 2021 dengan Hotel Claro Kendari sebagai titik start. Event bersifat fun bike ini bertujuan untuk mengajak masyarakat dan komunitas sepeda Kota Kendari untuk menjaga imunitas tubuh selama masa pandemi melalui aktivitas olahraga sepeda.

2️⃣ Sebelum melaksanakan Community Ride, semua peserta diwajibkan untuk melakukan swab antigen di lokasi dan hanya peserta dengan hasil tes negatif yang diperbolehkan untuk mengikuti event.

3️⃣ Event dibuka dengan sambutan Walikota Kendari. Dalam sambutannya disampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat pada event hasil kolaborasi ini. Beliau berharap kedepannya event triathlon di Kendari dapat rutin dilaksanakan dengan lebih meriah setelah pandemi berakhir.

4️⃣ 50 peserta yang berasal dari Kendari (43 orang) dan Jakarta (7 orang) berangkat dari Hotel Claro Kendari dengan rute Pantai Kendari – Jl. Diponegoro – Jl. Ir. Soekarno – Jembatan Teluk Kendari – Kendari Waterfront.

5️⃣ Community Ride diakhiri sarapan bersama dengan Walikota dan Wakil Walikota Kendari dengan suguhan kuliner khas Sulawesi dilanjutkan dengan peninjauan Kendari Waterfront yang diproyeksikan sebagai atraksi wisata Kota Kendari.

🔹Evaluasi kegiatan:
Secara umum, pelaksanaan Kendari Triathlon 2021 dan Community Ride telah berjalan baik dengan melihat komitmen semua pihak, antusiasme dan partisipasi masyarakat yang tinggi. Namun, beberapa hal yang perlu dievaluasi adalah:
1. Kurangnya kontrol pembatasan akses bagi penonton yang tidak memiliki hasil swab antigen negatif sehingga jumlah penonton melebihi estimasi dan menimbulkan kerumunan.
2. Kurang maksimalnya fasilitasi untuk sambutan Menparekraf secara virtual walaupun sudah dikomunikasikan 1 minggu sebelum pelaksanaan dengan OPD terkait.
3. Agenda tambahan di luar rundown menyebabkan event dimulai terlambat dari jadwal yang sudah ditetapkan.

🔹Tindak Lanjut:
1. Akan dilaksanakan rapat evaluasi penyelenggaraan Kendari Triathlon 2021 dengan ITS.
2. Koordinasi dengan ITS dan Pemkot Palembang untuk pelaksanaan Palembang Triathlon 2021 sebagai seri ke-3 yang dijadwalkan pada 19-20 Juni 2021.

 

Disinfeksi peralatan dan pengecekan suhu peserta sebelum event
Pembukaan Kendari Triathlon 2021 di Pantai Kendari dan Sambutan Gubernur Sulawesi Tenggara, Walikota Kendari, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Suasana kompetisi Kendari Triathlon 2021
Foto bersama finisher pertama s.d. ketiga kategori Male Overall (atas) dan Female Overall (bawah)
Foto bersama finisher pertama s.d. ketiga kategori Top Male Kendari (atas) dan Top Female Kendari (bawah)
Penyerahan souvenir kepada Gubernur Sulawesi Tenggara dan Walikota Kendari oleh Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf
Peserta mendapat goodie bag yang berisi kuliner khas hasil UKM Kota Kendari
Sambutan Walikota Kendari pada Community Ride dan Flag Off oleh perwakilan Kemenparekraf
Suasana Pelaksanaan Community Ride
Sarapan bersama dan peninjauan Kendari Waterfront

 

Pembuat laporan: Yeni Afrianto

Author:

Tinggalkan Balasan