Keroncong Plesiran

Laporan pelaksanaan pendukungan kegiatan Keroncong Plesiran yang telah dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023 di Asram Edupark Sleman, D.I. Yogyakarta.

1️⃣ Gambaran Umum
Keroncong Plesiran merupakan sebuah pertunjukan musik keroncong yang mengandalkan kebebasan berekspresi dan berimprovisasi, penonton diajak untuk mencicipi sebuah pertunjukan yang menawarkan nuansa refreshing dan relaksasi, musik keroncong yang dibawakan merupakan musik keroncong progresif. Event ini menghadirkan grup musik keroncong asli, keroncong modern hingga keroncong dengan format orkestra.

2️⃣ Rangkaian Kegiatan
🔹 Area bazaar dimulai sejak pukul 15:00 – 22:00 WIB yang diisi dengan stand kuliner dan produk ekraf.

🔹 Main stage sesi 1
Acara dimulai pada pukul 15:00 – 17:05 WIB yang diisi dengan penampilan dari Sri Redjeki, Kosatos ft. Iksan Skuter dan Paksi Band, masing-masingnya membawakan 4 lagu.

🔹 Main stage sesi 2
1. Acara dimulai pada pukul 19:00 – 22:00 WIB yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

2. Selanjutnya dibuka oleh penampilan dari Simphony Kerontjong Moeda yang dipandu oleh konduktor Boris Sirait sekaligus selanjutnya mengiringi penampilan para pengisi acara dengan aransemen musik keroncong.

3. Penampilan dari Nabila Maharani, Tami Aulia dan Okky Kumala yang masing-masingnya membawakan 2 lagu.

4. Sesi Ngobrol Santai
– Kepala Dinas Pariwisata D.I. Yogyakarta, Bapak Singgih Raharjo. Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya event Keroncong Plesiran ini menjadikan musik keroncong saat ini dapat dinikmati oleh kaum milenial. Hal ini terlihat dari para penontonnya yang mayoritas 40 tahun ke bawah.

– Wakil Bupati Sleman, Bapak Danang Mahesa. Beliau menyampaikan terima kasih karena event ini dapat diselenggarakan di Kabupaten Sleman. Sehingga dapat turut serta mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sleman.

– Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Jawa, Ibu Trindiana M. Tikupasang. Beliau menyampaikan bahwa Keroncong Plesiran termasuk salah satu event yang menarik yang ingin dikunjungi kembali. Pengisi acara dan pembawa acaranya turut membuat acara menjadi menarik dan seru untuk dinikmati. Semoga tahun depan dapat dilaksanakan dilokasi yang lebih luas lagi, sehingga dapat mendatangkan penonton lebih banyak lagi.

5. Penampilan dari Nyoman Paul yang membawakan 3 lagu. Penampilan dari Andika Mahesa yang membawakan 5 lagu. Ditutup oleh penampilan dari Jhony Iskandar yang membawakan 4 lagu.

3️⃣ Kesimpulan dan Evaluasi
1. Pelaksanaan acara sudah sangat baik, dari konsep dan teknis acaranya. Masyarakat antusias untuk menonton event ini, terlihat dari penjualan tiket yang terjual habis.

2. Sesuai dengan nama acaranya “Keroncong Plesiran” yang berarti lokasi acaranya berpindah-pindah setiap tahunnya, menjadi media untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di provinsi D.I. Yogyakarta.

3. Dari segi inovasi dan kreatifitas sudah adanya peningkatan atau perubahan dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

4. Amenitas dan aksesibilitas di sekitar lokasi kegiatan yang merupakan tempat wisata, sudah cukup memadai.

5. Data statistik selama kegiatan berlangsung:
– Jumlah pengunjung = 1.941 orang
– Jumlah partisipan UMKM = 45 UMKM
– Nilai transaksi = Rp. 2.365.000.000 (estimasi dari 2 hari penyelenggaraan)
– Jumlah pelaku seni = 30 orang
– Jumlah Komunitas = 1 Komunitas
– Jumlah Tenaga Kerja = 100 orang

 

 

Photo booth dan bazaar kuliner serta produk ekraf.

 

Suasana penonton Keroncong Plesiran pada sesi 1 dan 2.

 

Penampilan pengisi acara pada sesi 1.

 

Penampilan Nabila Maharani, Tami Aulia dan Okky Kumala yang diiringi Symphony Kerontjong Moeda.

 

Ngobrol santai dengan Kadispar Prov. DIY, Wabup Sleman dan Perwakilan Kemenparekraf.

 

Penampilan Nyoman Paul, Andika Mahesa dan ditutup oleh Jhony Iskandar yang diiringi Symphony Kerontjong Moeda.
Author: Ahmad Triadi

Tinggalkan Balasan