Diskusi dan Launching World Islamic Enterpreneur Summit 2023

Diskusi dan Launching World Islamic Enterpreneur Summit 2023 diselenggarakan pada tanggal 20 Maret 2023.

✅ Sehubungan dengan rencana pelaksanaan World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2023 pada Bulan Septermber 2023 di Sumatera Barat oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumatera Barat, maka diadakan rangkaian acara yang terdiri dari Diskusi Pelaksanaan Kegiatan WIES dan Launching WIES 2023 pada The Weekly Press Brief With Sandi Uno

️⃣ *Diskusi Pelaksanaan Kegiatan WIES 2023 dengan Saudagar Minang pukul 14.30 – 17.00 WIB bertempat di Balairung Soesilo Soedarman – Kemenparekraf

✅ Dihadiri oleh :
1. Bpk. Sandiaga Salahuddin Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
2. Ibu Masruroh, Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran
3. Para Walikota seprovinsi Sumatera Barat beserta jajarannya
4. Bpk. Prof. Yuliandri, Rektor Universitas Andalas
5. Bpk. Yendra Fahmi, Tokoh Pengusaha Minangkabau (PT. Abedanmas)
6. Bpk. Dony Oskaria, Direktur Utama Aviasi Pariwisata Indonesia
7. Para Diaspora, Asosiasi Minang, Saudagar Minang dan Pelajar Minang di Jakarta
8. Media

*️⃣ Rangkaian Acara

✅ Pembukaan
Acara dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian menyanyikan Mars Sumatera Barat, pembacaan doa dan pertunjukan Tari Pasambahan dari Sanggar Sofiyani.

✅ Sesi Diskusi I – Moderator : Ibu Sari Lenggogeni – Ketua Panitia WIES / Ketua BPPD Sumbar
🔹Narasumber I : Ibu Masruroh – Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran
▪️Kemenparekraf mempunyai tugas meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara dan jumlah penyelenggaraan event MICE di Indonesia.
▪️Tahun 2022 telah dilaksanakan event G20 yang patut dibanggakan dengan banyaknya event-event pertemuan dan side event yang tersebar di beberapa destinasi di Indonesia.
▪️Sesuai arahan Pak Menparekraf agar tiap destinasi bisa memiliki icon event MICE yang sesuai dengan DNA masing-masing.
▪️Untuk itu Kemenparekraf menyambut baik rencana penyelenggaraan WIES ini dan semoga kegiatan WIES akan berdampak positif bagi Indonesia dan Sumbar khususnya.
🔹Narasumber II : Bpk. Luhur Budianda – Kadisparprov. Sumbar
▪️WIES adalah program yang baik untuk mengaktivasi kembali pariwisata baik nasional maupun daerah, setelah dampak Covid pada sektor pariwisata.
▪️WIES merupakan kolaborasi pentahelix pariwisata pusat provinsi, kab, kota dan juga masyarakat.
▪️Pelaksanaan WIES juga sangat tepat untuk mendukung pemerintah Sumbar yang telah mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata Sumbar dengan mengusung Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 dengan target 8,2 juta wisatawan.
▪️Selain itu WIES juga sangat tepat dilaksanakan di Sumbar karena Sumbar terkenal akan saudagarnya di Indonesia sehingga diharapkan dapat membangkitkan semangat para saudagar untuk dapat mendukung acara ini.
▪️Pemda dan BPPD sangat bersemangat menyambut hadiah dari Kemenparekraf untuk bersama bisa menyukseskan acara ini.
🔹Narasumber III : Bpk. Dony Oskaria – Direktur Utama Aviasi Pariwisata Indonesia
▪️PT. Aviasi Pariwisata Indonesia / In Journey beranggotakan beberapa BUMN seperti PT. Angkasa Pura I dan II, PT. Sarinah, dll. Bertugas mendorong percepatan pariwisata di Indonesia.
▪️Indonesia memiliki satu daya tarik yg luar biasa baik itu pariwisata dan MICE. MICE sangat penting, melihat dampak dari pelaksanaan G20, diharapkan pelaksanaan WIES juga akan memberikan dampak yang sama.
▪️Dengan menyelenggarakan event MICE hal ini merupakan bentuk creative marketing, media exposure yang sangat besar untuk mempromosikan Indonesia, seperti Moto GP ada 400 juta viewers, F1 Powerboat Toba 180 juta viewers.
▪️Untuk itu diharapkan penyelenggaraan WIES ini dilakukan sungguh-sungguh, level dunia dan para saudagar-saudagar Minang yang hadir dapat memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan acara ini.

✅ Sesi Tanya Jawab Peserta

✅ Sesi Diskusi II – Moderator : Ibu Sari Lenggogeni, Ketua Panitia WIES / Ketua BPPD Sumbar
🔹 Narasumber I : Bpk. Hansastri, MM. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat
▪️Pemda Sumbar mengucapkan terima kasih atas gagasan Pak Menparekraf untuk menjadikan Sumbar menjadi host penyelenggaraan WIES 2023 dan mendukung pelaksanaan launching ini dengan fasilitasi tempat dan kesediaan pak Menteri untuk hadir.
▪️Diharapkan penyelenggaraan WIES tidak hanya mengandalkan APBN dan APBD tapi juga dapat mencari sponsorship. Semoga pelaksanaan WIES dapat dukungan dari semua pihak.
🔹Narasumber II : Bpk. Sandiaga Uno, Menparekraf
▪️WIES diharapkan dapat menjadi akselerator dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia, dapat menginisiasi lahirnya Global Muslimpreneur Forum yang merupakan asosiasi forum wirausaha muslim pertama di dunia yang berpusat di Sumatera Barat.
▪️WIES dengan tema “Fostering Islamic Economic Growth Through Muslim Preneurship in Digital Transformation Era” diharapkan dapat menciptakan kolaborasi antara pemerintah dengan pengusaha agar mampu memperkuat jejaring dan ekosistem bisnis, pariwisata dan UMKM halal yang inovatif dan beradaptasi dengan era 4.0.
▪️Dengan memaksimalkan kolaborasi dengan negara Islam dan daerah destinasi ramah muslim, maka forum ini sangat tepat untuk menjalin kerjasama antara negara Muslim dengan Youth Business Muslimpreneur Forum and Woman Muslimpreneur.
▪️Global Muslimpreneur Forum dapat menjadikan Indonesia sebagai centre of excellent muslimpreneur dan untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi MICE berkelas dunia.

✅ Penutupan, Foto Bersama dan dilanjutkan dengan Launching WIES pada The Weekly Press Brief With Sandi Uno

️⃣ *The Weekly Press Brief with Sandi Uno – Launching WIES 2023, bertempat di Lobby Lantai 2 Kemenparekraf

✅ Dihadiri Oleh :
1. Bpk. Sandiaga Salahuddin Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
2. Bpk. Audy Joinaldy – Wakil Gubernur Sumatera Barat
3. Bpk. Hansastri – Sekda Prov. Sumatera Barat
4. Ibu Masruroh – Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran
5. Bpk. Luhur Budianda – Kadisparprov Sumbar
6. Ibu Sari Lenggogeni – Ketua Panitia WIES / Ketua BPPD Sumbar

✅ Dialog Menparekraf bersama Bpk. Wagub Sumbar, Bpk. Sekda Prov. Sumbar, Ibu Direktur MICE Kemenparekraf, Bpk. Kadisparprov Sumbar dan Ibu Ketua Panitia WIES 2023.

✅ Pemutaran Video Teaser WIES 2023.

✅ Launching WIES 2023 secara resmi dengan Pemukulan Gendang Tasa oleh Bpk. Menparekraf, Bpk. Wagub Sumbar, didampingi oleh Bpk. Sekda Prov. Sumbar, Ibu Direktur MICE Kemenparekraf, Bpk. Kadisparprov Sumbar dan Ibu Ketua Panitia WIES 2023.

✅ Penyerahan Souvenir dari Pemda Sumbar kepada Menparekraf dilanjutkan penyerahan souvenir dari Menparekraf kepada Pemda Sumbar

✅ Foto Bersama

 

 

Tinggalkan Balasan