POCARI RUN SERIES BANJARMASIN

Pocari Sweat Sport Run & Ride Tourism merupakan rangkaian event sport tourism dalam bentuk olahraga lari (fun run) dan sepeda kolanorasi Kemenparekraf dengan PT Amerta Indah Otsuka dan pada tahun 2022 rencananya di laksabakan di 7 (tujuh) kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Kegiatan Pocari Run Series Banjarmasin dengan Rute lari dimulai dan diakhiri di kawasan Siring Patung Bekantan dan rute lari melintasi pinggiran sungai Martapura. Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta yang berasal dari Komunitas disekitar Kalimantan Selatan dengan Jarak sekitar 5KM. Peserta dipilih oleh Penyelenggara dan rekomendasi dari Dinasbudpar Kota Banjarmasin.

Tujuan dari event ini salah satunya adalah untuk menggerakkan kembali perekonomian di destinasi-destinasi wisata Indonesia, sekaligus mendorong para pecinta olahraga untuk menikmati keindahan wisata dalam negeri.

Rangkaian kegiatan:

Hari pertama (4 Juni 2022):

  1. Morning run merupakan olahraga lari santai Bapak Menparekraf bersama para komunitas lari disekitar Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru
  2. Sarapan bersama Bapak Menparekraf dengan Kadisbudpar Banjarmasin serta Para Komnuitas Lari di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru

Hari Kedua (5 Juni 2022):

  1. Registrasi
  2. Pembukaan oleh MC dan penyambutan tamu VIP
  3. Sambutan singkat Walikota Banjarmasin
  4. Pemanasan yang dipimpin oleh salah satu perserta
  5. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  6. Flag off kategori lari 5KM oleh Bupati Kota Banjarmasin
  7. Finish dan sesi pendinginan
  8. Sharing session dalam bentuk talkshow yang dihadiri oleh pengisi berikut beserta topik bahasannya:
  • Sekda Kota Banjarmasin menyampaikan konsep sport tourism, potensi sport tourism di Banjarmasin, memotivasi peserta untuk menjadi wisatawan serta menarik wisatawan diluar daerah yang bisa mendorong perekonomian dan UMKM local, kedepannya pemkot Banjarmasin akan lebih banyak mengadakan event-event sport tourism di Banjarmasin.
    • Soraya Larasati menyampaikan berbagi pengalaman berlari di beberapa kawasan di Indonesia serta pengalaman mengunjungi destinasi wisata yang ada di Indonesia.
  1. Makan bersama dengan makanan khas lokal Banjarmasin

Saran dan evaluasi:

  1. Walaupun kondisi Covid19 sudah mulai menurun, sebaiknya kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat.
  2. Pelepasan pada start peserta lari sebaiknya dilakukan secara berkelompok tidak serentak.
  3. Perlu lebih banyak melibatkan UMKM lokal.

 

DOKUMENTASI 

Sarapan bersama

Morning run bersama Menparekraf

Flag off dan start peserta

Sambutan Walikota Banjarmasin dan Soraya Larasati

Sharing Session

 

Disusun oleh: 

Mochamad Dhiki Wicaksana

Tinggalkan Balasan