Aktivitas Business Match Making /Business Meeting selama masa pameran

SEATRADE CRUISE GLOBAL 2022

SEATRADE CRUISE GLOBAL 2022

Hasil laporan kegiatan Seatrade Cruise Global 2022 sebagai berikut:

Delegasi Indonesia di pameran Seatrade Cruise Global 2022 dihadiri oleh Bapak Alexander Reyaan, Direktur Wisata Minat Khusus; Bapak Andre Omer Siregar, Konsul Jenderal Amerika Serikat di Houston; Bapak Jubilar Paskoro, Koordinator Hubungan Antarlembaga ASEAN; Fehmiu Octavino, Subkoordinator Wisata Bahari; Hadyan Tamimi, Vice Consul Pensosbud KJRI Houston. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 April 2022 di Miami Beach Convention Center.

Seatrade Cruise Global merupakan pameran wisata Cruise terbesar di Amerika Serikat. Kegiatan ini mempertemukan seluruh pelaku bisnis cruise seperti operator cruise, suppliers, agen travel, dan industri pendukung lainnya serta mendorong perkembangan dan dibukanya kembali wisata cruise di Indonesia. Kegiatan Seatrade Cruise Global bersifat murni business to business yang dilakukan dengan business matching antar cruise liner, tour operator, shipping agent dan national stakeholder serta NTO. Pada partisipasi tahun ini, booth kemenparekraf juga diikuti Cruise Agent/ Shipping Agent antara lain Destination Asia (Bapak I Ketut Sedia Yasa) dan Benline (Bapak Matt Jolly).

Kegiatan Cruise Conference yang diikuti selama pameran meliputi:

  • Around the World: Global Destination Updates, yang membahas mengenai pelabuhan dan tujuan terkemuka di dunia dengan berbagai updates mengenai informasi terkini mengenai Cruise di seluruh dunia.
  • Innovative Products and Technologies for Cruise Ports, yang membahas mengenai desainer produk, produsen, dan eksekutif pelabuhan yang berbagi perspektif tentang bagaimana Produk & Teknologi Inovatif tertentu membantu memasarkan dan melayani pelanggan pelabuhan dan jalur pelayaran yang lebih baik.
  • The Changing Dynamic of Shore Excursions Post-Pandemic, yang membahas bagaimana operator tur Cruise menemukan kembali cara untuk bertahan semasa pandemi dan menjawab hal-hal yang merubah konten tur, perilaku wisatawan, tantangan transportasi, penanganan makanan pada kapal Cruise.
  • The State of the Global Cruise Industry, yang membahas tentang ketahanan industry cruise, yang sedang dalam proses untuk muncul lebih kuat dan lebih baik dari pandemi. Selain itu juga mengeksplorasi pekerjaan industri cruise untuk memimpin jalan sebagai model praktik pariwisata yang bertanggung jawab, serta berkomitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan yang menjadikan berlayar sebagai cara terbaik untuk melihat dunia.

Kegiatan Business Matching yang dilakukan selama kegiatan pameran sebagai berikut:

  • Singapore Tourism Board (STB) – Keith Tan, Chief Executive Officer
  • SG terhitung mulai tanggal 26 April 2022 sudah mulai melonggarkan semua peraturan terkait perjalanan. Demikian pula dengan Thailand yang mulai tanggal 1 Mei 2022 telah melonggarkan aturan-aturannya.
  • Diperlukan adanya kesatuan aksi dari semua negara Asia Tenggara agar ada informasi yang utuh dan tidak simpang siur terkait harmonisasi cruise di kawasan ASEAN.
  • SG bersedia untuk mendukung pengembangan Pelabuhan, infrastruktur, ataupun hambatan dan kemudahan yang dapat mempercepat terjadinya kesatuan protokol di kawasan ASEAN.
  • Cruise Lines International Association (CLIA) – Richard Regan, Director, Partner Relations CLIA
  • Kawasan Amerika Utara, Eropa, Karibia, sudah memulai lagi cruise. Sepertinya kawasan Asia akan menjadi yang terlambat dikarenakan belum adanya kepastian mengenai boleh tidaknya cruise beroperasi dan bagaimana langkah harmonisasi peraturannya.
  • Mendorong terciptanya aksi kawasan untuk menuju pembukaan kembali cruise.
  • Dari hasil pengamatan bahwa diperlukan assessment yang dapat menjustifikasi bahwa angka penularan covid akibat perjalanan cruise itu rendah (sebagaimana assessment yang pernah dilakukan untuk perjalanan udara, bahwa angka penularannya kurang dari 1%). Adanya data semacam ini tentunya akan menjadi justifikasi internal Indonesia untuk berargumen kepada kementerian terkait agar menyegerakan pembukaan kembali untuk cruise.
  • Cruise Industry News – Alex Morris, Senior Advertising Manager
  • Membahas mengenai kemungkinan untuk melakukan placement di Media mereka dengan dimungkinkan untuk memberikan discount rate ke Indonesia jika mau menjajaki kemungkinan untuk kerjasama.
  • Explora Journeys – Eva Mikulkova, Product Manager
  • Explora merupakan brand baru yang focus pada penumpang high end dengan kapasitas kapal sekitar 900 passengers.
  • Saat ini sedang dalam tahap pembangunan kapal yang diharapkan dapat dideploy untuk pasar Mediteranean di tahun 2023.
  • Kemudian akan ada kapal serupa lainnya yang diharapkan dapat dideploy tahun 2024 di kawasan Asia.
  • Explora Journeys juga meminta informasi terkait dengan Pelabuhan-pelabuhan yang sekiranya dapat disinggahi dan sesuai untuk segmen pasar mereka yang berkarakter petualang.
  • Carnival UK – Sander Groothuis, Vice President Port & Shore Operations
  • Bilamana tidak ada hambatan, Carnival akan mulai meluncurkan Queen Elizabeth beroperasi di wilayah Asia pada sekitar November 2022. Queen Elizabeth akan mengambil rute dari Singapura sebelum menuju beberapa pelabuhan di Indonesia.
  • Carnival UK menekankan pentingnya informasi yang utuh dan komprehensif mengenai standar keselamatan dan kesehatan di atas kapal untuk selalu ditekankan dan disebarluaskan kepada pemangku kepentingan di destinasi. Sehingga ke depannya tidak akan ada lagi penolakan terhadap kedatangan cruise yang disebabkan oleh ketidaktahuan pemangku kepentingan lokal terhadap langkah-langkah keselamatan di atas kapal.
  • Royal Caribbean Cruise Ltd (RCCL) – Capt. Nik Antalis, Vice President Marine Port Development & Marine Operations
  • Royal Caribbean memerlukan informasi dan definisi yang fix mengenai ukuran pelabuhan Benoa serta spesifikasi kapal seperti apa yang dapat dimasuki kapal kapal Royal Caribbean yang berbadan besar minimal Quantum Class.
  • Royal Caribbean dapat memastikan bahwa mereka bisa bersandar di Lombok, NTB dan berencana menambahkan itinerary kapal nya untuk ke Lombok.
  • Informasi mengenai perkembangan terbaru regulasi dan informasi mengenai pelabuhan telah disampaikan kepada Royal Caribbean termasuk informasi mengenai telah dibuka nya kembali pelabuhan Benoa, tidak diperlukannya VISA penumpang, dan tidak perlunya PCR dan Karantina saat memasuki Indonesia.
  • Total pengunjung yang terdata selama 3 hari pameran adalah ± 50 pengunjung untuk melakukan meeting, menanyakan informasi pelabuhan, menanyakan perkembangan destinasi, dan kesiapan Indonesia untuk menerima kedatangan kembali kapal cruise, super yacht, yacht dan kapal shipping.

Evaluasi dan tindaklanjut:

  • Pentingnya melakukan Aliansi antar negara ASEAN dalam melakukan promosi dan kerjasama dalam wisata cruise. Beberapa kawasan hadir sebagai satu kesatuan seperti Cruise Arabia (UAE & Bahrain), South Pacific Cruise Alliance (American Samoa, Cook Island, Pitcairn, Tahiti, Tongga), Port of Europe, Australian Cruise Association.
  • Diperlukan langkah kawasan untuk memastikan bahwa kawasan Asia Tenggara padu untuk menerima kembali cruise dengan adanya implementasi kebijakan dan protocol Kesehatan yang harmonis.
  • Diseminasi secara terus menerus dari para pemangku kepentingan terkait mengenai protokol kesehatan diatas kapal dalam rangka pembukaan kembali cruise ke Indonesia.
  • Dalam waktu dekat Direktorat Hubungan Antar Lembaga akan melaksanakan the 2nd IMTGT (Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle) pada akhir mei 2022 di Bangka Belitung yang akan membahas tentang tantangan yang akan dihadapi cruise liner atau pengelola destinasi selama masa tanggap covid dan kemudahan prospek menjelang pembukaan kembali akan mengundang cruise liner, tour operator, shipping agent dan national stakeholder.
  • Diperlukan notifikasi berlanjut terhadap relaksasi aturan nasional (keimigrasian, kesehatan dsb) yang dapat memfasilitasi kedatangan cruise ke Indonesia. Notifikasi dimaksud kiranya dapat disusun dalam bentuk infografis yang mudah dipahami untuk kemudian di distribusikan dan disebarluaskan kepada cruise liner atau cruise association agar mereka dapat merancang itinerary cruise ke Indonesia dengan lebih baik dan lebih pasti.
  • Perlunya memastikan langkah-langkah keselamatan di atas kapal antara lain:
  • Mewajibkan penumpang untuk menunjukkan sertifikat vaksin 2 doses dan antigen test sebelum masuk ke atas kapal
  • Melakukan tes berkala di atas kapal terhadap penumpang
  • Bilamana ada kasus penularan, maka akan segera diisolasi dengan ruang khusus yang terpisah.
  • Sebelum proses disembarkasi, captain kapal akan mengeluarkan dokumen yang diperlukan yang diteruskan kepada agen kapal sehingga tidak perlu ada kehawatiran mengenai penumpang suspect yang turun ke destinasi.
  • Saat ini Kemenparekraf juga telah ditawarkan kembali untuk berpartisipasi pada kegiatan Seatrade Cruise Global 2023 dengan luas lahan yang sama. Namun masih menunggu arahan dan perkembangan lebih lanjut mengenai booking space sehingga masih belum mengikat.

 

Dokumentasi

Booth Wonderful Indonesia
Booth Wonderful Indonesia
Aktivitas Business Match Making /Business Meeting selama masa pameran
Aktivitas Business Match Making /Business Meeting selama masa pameran
Beberapa Aktivitas di Booth Indonesia
Beberapa Aktivitas di Booth Indonesia
Conference dan Seminar pada Seatrade
Conference dan Seminar pada Seatrade
Author:

Tinggalkan Balasan