Festival Parade Pesona Kebangsaan

Mohon izin melaporkan pelaksanaan pendukungan salah satu event Karisma Event Nusantara (KEN) 2022, yaitu Festival Parade Pesona Kebangsaan yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Mei 2022 di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berikut poin-poin yang dapat kami laporkan:

🔴 Festival Parade Pesona Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ende merupakan event tahunan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan mengenang jejak sejarah masa Bapak Soekarno selama berada di Ende. Tema kegiatan pada tahun ini adalah “Pancasila Rumah Kita, Dari Ende untuk Indonesia”.

🔴 Hari-1: Sabtu, 28 Mei 2022

Pelaksanaan Parade Pesona Kebangsaan

🔶 Parade Laut

Dilaksanakan dari Pulau Ende menuju Pelabuhan Soekarno di Kota Ende dengan menggunakan kapal motor masyarakat yang dihias dengan meriah, dilanjutkan dengan seremonial Festival Parade yang dilakukan di atas KRI Teluk Banten.

🔶Parade Darat

– Pelepasan peserta parade darat dilakukan oleh perwakilan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) bersama dengan Bupati Ende.

– Perarakan Garuda Pancasila diiringi oleh para peserta parade darat menuju beberapa titik lokasi yaitu Detasemen Polisi Militer, dilanjutkan menuju Rumah Pengasingan Soekarno, Serambi Soekarno, Makam Ibu Amsi, dan berakhir di Taman Perenungan Pancasila.

– Para peserta parade darat dilakukan oleh masyarakat dari seluruh 21 (dua puluh satu) Kecamatan dan berbagai sekolah yang ada di Kota Ende, dengan menggunakan beragam baju daerah nusantara, guna memperlihatkan pesona budaya dari bangsa Indonesia.

🔴 Hari-2: Minggu, 29 Mei 2022

Pembukaan Kegiatan

🔶 Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Bupati Ende, Bapak Djafar H. Achmad;
2. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Ibu Rizki Handayani;
3. Wakil Bupati Ende, Bapak Erikos Emmanuel Rede;
4. Ketua DPRD Kab. Ende, Bapak Fransiskus Taso;
5. Perwakilan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP);
6. Forkopimda Kabupaten Ende.

🔶 Rangkaian acara adalah sebagai berikut:

🔹Pembukaan oleh MC

🔹Penampilan kesenian daerah oleh Sanggar Dau Dole dari Desa Detusoko

🔹Penampilan kesenian daerah oleh Sanggar Waturaka

🔹Penampilan kesenian daerah oleh Sanggar Ndona

🔹 Penampilan oleh Ivan Nestorman dan Gilang Ramadhan yang berkolaborasi dengan sanggar lokal Ende

🔹Sambutan oleh Bupati Ende, Bapak Djafar H. Achmad. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk menggerakan kembali usaha pariwisata Ende setelah bergelut oleh pandemi covid-19. Terima kasih kepada Kemenparekraf dan BPIP atas dukungannya sehingga acara ini dapat berlangsung dengan sukses dan lancar.

🔹Sambutan oleh Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Ibu Rizki Handayani. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Ende dan seluruh masyarakat Ende yang telah turut serta mensukseskan kegiatan ini. Ende memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa dan masyarakat Ende yang begitu ramah sehingga wisatawan akan betah berada di Ende. Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, guna menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berkunjung ke Ende. Kemenparekraf selaku pemerintah pusat akan terus mendukung kegiatan ini melalui promosi dan mendorong kualitas penyelenggaraan event, agar semakin baik setiap tahunnya.

🔹Peresmian pembukaan acara yang dilakukan dengan pemukulan kentungan oleh Bupati Kab. Ende yang didampingi oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) serta jajaran tamu undangan VVIP secara bersama-sama.

🔹 Penampilan drama “Ketika Bung Karno di Ende”.

🔹 Kunjungan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) ke stand pameran ekraf.

🔴 Hari-3: Senin, 30 Mei 2022

🔹 Expo pesona kebangsaan
🔹 Penampilan hiburan kesenian
🔹 Penampilan Band Nestornation

🔶 Bentuk dukungan Kemenparekraf pada event Festival Parade Pesona Kebangsaan adalah berupa fasilitasi panggung, dekorasi, sound system, LED, lighting system, genset, booth pameran, sanggar kesenian, dan peralatan prokes (masker dan hand sanitizer).

🔶 Evaluasi:

– Konten pameran ekraf yang ditampilkan sangat menarik, tetapi dekorasi booth pameran kurang cukup representatif. Sehubungan dengan hal tersebut, baiknya dapat memanfaatkan aneka kriya lokal khas Ende sebagai dekorasi booth, agar terlihat lebih menarik dan kreatif.

– Layout booth pada pameran ekraf kurang tertata rapi dan tidak ada signage yang menunjukkan section booth apa saja yang ada pada pameran, sehingga cukup terlihat membingungkan bagi para pengunjung yang datang.

– Pihak penyelenggara sebaiknya lebih melakukan inovasi dan kreatif pada konsep penyelenggaraan event-nya, agar dapat terlihat lebih menarik, sehingga para pengunjung dapat lebih tertarik untuk mengenal jauh bagaimana budaya dari masyarakat Ende itu sendiri. Oleh karena, potensi konten acaranya sangat kaya akan nilai budaya. Akan tetapi, packaging yang ditampilkan kurang menarik.

– Pengelolaan sampah sepanjang penyelenggaraan event kurang baik, sehingga banyak sampah yang berantakan di area acara.

🔶 Saran dan Kesimpulan:

– Pihak penyelenggara baiknya lebih banyak memanfaatkan nuansa lokal khas Ende itu sendiri, pada keseluruhan dekorasi panggung dan booth yang ada di pada seluruh bagian acara.

– Pihak penyelenggara ada baiknya mungkin dapat melakukan pengelolaan sampah dengan melibatkan volunteer (komunitas atau mahasiswa) atau masyarakat umum, guna menjaga kebersihan sepanjang penyelenggaraan acara, agar para pengunjung yang datang merasa nyaman.

– Secara keseluruhan rangkaian kegiatan Festival Parade Pesona Kebanggsaan berjalan dengan sukses serta lancar dan antusiasme masyarakat Ende atas penyelenggaraan event terlihat sangat besar dan bersemangat.

Demikian kami sampaikan, berikut terlampir dokumentasi kegiatan dimaksud. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih 🙏🏼

 

Parade Kebangsaan; Parade Laut
Parade Kebangsaan; Parade Darat.
Sambutan Bupati Kab. Ende dan Sambutan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)
Peresmian Pembukaan Expo Festival Parade Kebangsaan
Penampilan Tarian Kesenian Daerah dari berbagai Sanggar Lokal
Penampilan Kolaborasi dengan Gilang Ramadhan
Penampilan Drama “Ketika Bung Karno di Ende”
Kunjungan Pameran Ekraf oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)
Penampilan Hiburan pada hari ketiga

Link berita

https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/05/30/pameran-dan-parade-kebangsaan-mengawali-peringatan-hari-lahir-pancasila-di-ende

https://video.okezone.com/play/2022/05/30/20/148614/ribuan-warga-ikuti-parade-kebangsaan-jelang-hari-lahir-pancasila-di-ende

https://kupang.tribunnews.com/2022/05/28/ribuan-warga-padati-jalan-saat-parade-pesona-kebangsaan-2022-di-ende

https://karanganyarnews.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-1904599249/rayakan-hari-lahir-pancasila-ini-10-serba-serbi-festival-parade-pesona-kebangsaan-2022-di-kota-pancasila

Author:

Tinggalkan Balasan