BALI CYCLING MARATHON 2021: JOURNEY SERIES TO BCM

Bali Cycling Marathon 2021: Journey Series to BCM yang dilaksanakan tanggal 10 April 2021 di Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh:

    1. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung, Ibu Ni Luh Ketut Ari Citrawati
    2. Kasi Promosi Dispar Klungkung, Bapak Gede Widyastana
    3. Kapolsek Ped Nusa Penida, Bapak I Gede Sukadana SH
    4. Waketum ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Pengprov Bali, Bapak Ida Bagus Oka Indiana
    5. Rosalin Petrina K, Subkoordinator Penciptaan Penyelenggara Kegiatan (Event) Khusus

Deskripsi Bali Cycling Marathon 2021:

Bali Cycling Marathon yang mengusung tagline “A Leisure Sport Tourism Event” merupakan sebuah program bersepeda wisata dengan tanpa membatasi pesertanya hanya dari kalangan profesional/atlit saja, sehingga diharapkan mampu menarik minat sebanyak-banyaknya wisatawan nusantara yang ingin berwisata sambil berolahraga dan tetap dapat menikmati keindahan dengan tetap mematuhi prokes sesuai panduan. Dilaksanakan secara berkala sepanjang tahun berupa satu rangkaian kegiatan besar, agar mampu mengakomodir para peminat wisata olahraga sesuai dengan waktu yang tersedia. Seluruh rangkaian kegiatan Bali Cycling Marathon 2021 ini juga telah berhasil mengantongi izin resmi tertulis dari Polda Pemprov Bali dari awal hingga akhir seri kegiatan yaitu pada bulan Oktober 2021.

Mengenalkan daerah-daerah tujuan wisata yang memiliki potensi nilai jual, terutama daerah wisata yang masih belum terekspos secara luas merupakan tujuan utama kegiatan ini.

Rangkaian acara terdiri dari:

    1. Rapid Test Antigen bagi para peserta dan panitia yang disponsori penuh oleh RS. Medistra Jakarta dari awal hingga akhir seri kegiatan Bali Cycling Marathon 2021 bulan Oktober nanti.
    2. Perjalanan menuju Nusa Penida menggunakan Fastboat
    3. Pembukaan tarian tradisional Tari Pendet di Starting Grid
    4. Flag off 85KM dengan rute: Maruti Beach Club ➡️ Atuh Beach ➡️ Bukit Teletubbies ➡️ Klingking Beach ➡️ Maruti Beach Club.

Flag off dilakukan oleh beberapa perwakilan dari instansi yang hadir.

  • Pemberian medali kepada finisher
  • Pengundian doorprize
  • Ramah tamah sekaligus pemberian sepeda merk BMX kepada 4 anak sekolah berprestasi di wilayah setempat yang merupakan persembahan dari komunitas Bike To Work

Kesimpulan, Saran, dan Tindak Lanjut:

  • Pelaksanaan event ini sangat dirasakan positif bagi masyarakat mengingat sport event sudah jarang diselenggarakan di masa pandemi ini.
  • Penyelenggara sedang mempertimbangkan konsep bubble untuk pelaksanaan BCM seri lainnya, yang kemungkinan akan di bundling dengan tiket pesawat, tiket wisata, dan akomodasi.
  • Agar kedepannya kegiatan ini melibatkan sport influencer untuk mendapatkan exposure yang lebih luas.
  • Agar menghimbau peserta untuk lebih aktif dalam menggunggah kegiatan di sosial media.

 

Laporan disusun oleh: 

Annisa Nur Majdina

 

Tinggalkan Balasan