Kolaborasi Peningkatan Promosi Wisata Minat Khusus Kemenparekraf dan Tiket.com

Yth. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events)
cc. Direktur Promosi Wisata Minat Khusus

Mohon izin melaporkan hasil Kegiatan Kolaborasi Peningkatan Promosi Wisata Minat Khusus Kemenparekraf dan Tiket.com yang dilaksanakan pada tanggal 8 April 2021, pukul 10.00 – 12.00 WIB, sebagai berikut:

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan antara pelaku usaha wisata minat khusus dengan Online Travel Agent (OTA) dalam hal ini tiket.com untuk mendapatkan kemudahan menjadi mitra usaha yang memberikan pelayanan wisata minat khusus.

1️⃣ Kegiatan ini dihadiri oleh:
1. Bpk. Gaery Undarsa, Co-Founder Tiket.com;
2. Ibu Florida Pardosi, Koordinator Promosi Wisata Minat Khusus Budaya;
3. Ibu Afrida Pelitasari, Koordinator Promosi Wisata Minat Khusus Buatan;
4. Sdri. Nila Veronica, Attraction Manager Tiket.com;
5. Sdr. Danny Wilson, Market Manager, Tour & Atrraction Tiket.com;
6. Pejabat dan Staf di lingkungan Direktorat Promosi Wisata Minat Khusus;
7. Tim Tiket.com;
8. 40 Pelaku Usaha Wisata Minat Khusus.

2️⃣ Adapun poin poin dari kegiatan adalah sebagai berikut:
1. Sambutan Ibu Florida Pardosi, Koordinator Promosi Wisata Minat Khusus:
a. Pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar serta dapat memberi nilai tambah bagi industri kreatif.
b. Isu yang dihadapi terkait wisata minat khusus adalah minimnya informasi atau varian produk terkait aktivitas minat khusus yang tersedia bagi masyarakat.
c. Kemenparekraf berharap agar lebih banyak pelaku wisata minat khusus yang bisa bermitra dengan OTA.

2. Sambutan Bpk. Gaery Undarsa, Co-Founder Tiket.com:
a. Ucapan terima kasih kepada Kemenparekraf karena telah membuka kesempatan bagi Tiket.com.
b. Industri pariwisata merupakan industri yang paling terdampak dari Covid-19.
c. Pandemi ini merubah segalanya, tren wisata yang menjadi berubah.
d. Tiket.com siap mendukung akselerasi pemulihan dari industri pariwisata.

3. Sesi Presentasi oleh Bpk. Gaery Undarsa dengan materi Millenial Tourism – Maximizing Digital Marketing to Increase Sales.
a. Customer sekarang rata-rata melakukan booking secara online.
b. Target market yang besar di penjualan online merupakan generasi milenial (usia < 30 tahun).
c. Market sekarang lebih mencari pengalaman daripada tempat atau destinasinya.
d. Penting sekali bagi pelaku industri untuk melakukan review (meminta review bagi customernya) karena banyak orang yang akan melakukan sesuatu akan mencari review terutama online review tempat atau aktivitas tersebut.
e. Yang harus dilakukan pemilik usaha untuk tetap masif dalam pandemi ini adalah harus memastikan produknya bisa dicari secara online salah satunya menjadi mitra OTA dan melakukan promosi di sosial media dengan menampilkan review dari customer mereka.
f. Tiket.com memiliki Tiket to do yang menjual paket-paket wisata minat khusus seperti Diving, Adventure, Kuliner, dll.

4. Sesi Presentasi oleh Sdri. Nila Veronica dan Sdr. Danny Wilson dengan topik Coaching Clinic Business To Do.
a. Saat ini ada 10 key focus categories dalam tiket to do yaitu atraksi, events, transportasi, playgrounds, class / workshop, tour, culinary, games & hobbies, travel essential, beauty & wellness.
b. Alasan bergabung di tiket to do adalah menaikkan traksaksi dan penjualan, boost awareness , kemudahan ticketing, melakukan transaksi secara aman, dll.
c. Setiap partner akan memiliki produk page sendiri di tiket to do yang memudahkan customer untuk mendapatkan informasi dari wisata yang dijual.
d. Cara memulai untuk berpartner dengan tiket.com.
e. Pengaturan komisi antara mitra dan tiket.com dapat dinegosiasikan dengan PIC masing-masing.
f. Tiket.com juga memiliki tiket flexi dimana customer tidak harus memiliki tanggal visit yang pasti.

3️⃣ Tindak Lanjut.
• Tiket.com akan melakukan follow up bagi pelaku usaha yang ingin menjadi mitra usaha tiket.com.
• Kemenparekraf akan memonitor efektifitas fasilitasi melalui besaran peningkatan mitra wisata minat khusus di tiket.com.

Berikut kami sampaikan dokumentasi kegiatan di maksud.

Sambutan Ibu Florida Pardosi dan Bpk. Gaery Undarsa

 

Sesi Presentasi oleh Bpk. Gaery Undarsa

 

Sesi Presentasi oleh Sdri. Nila Veronica dan Sdr. Danny Wilson

 

Peserta Kegiatan Kolaborasi Peningkatan Promosi Wisata Minat Khusus Kemenparekraf dan Tiket.com

 

Demikian yang dapat kami laporkan, bersama ini kami lampirkan dokumentasi kegiatan tersebut. Terima kasih🙏🏻

Author:

Tinggalkan Balasan