July 15, 2024

Pertemuan Bisnis bersama trip.com Group

Mohon izin menyampaikan hasil Pertemuan Bisnis bersama trip.com Group pada Kamis, 27 Juni 2024, pukul 14:00 PM - 15:00 UTC+8 di Head Quarter trip.com, Tower 16, Jinzhong Road, Changning District, Shanghai China.

❇️ Pertemuan bisnis ini merupakan upaya merealisasikan target Presiden RI untuk mendatangkan wisatawan China tahun 2024 sebanyak 1,5 jt jiwa.

✳️ Pertemuan bisnis ini dilaksankan di Head Quarter trip.com, kegiatan diawali dengan Office tour. Bapak Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif didampingi oleh Vice President trip.com Mr. Edison Cheng dan team. adapun yang turut serta hadir dalam kegiatan ini:

  1. Bapak Vinsensius Jemadu, Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events);
  2. Bapak Itok Parikesit, Direktur Wisata Minat Khusus;
  3. Bapak Berlianto Situngkir, Konsul Jendral Republik Indonesia untuk Shanghai;
  4. Bapak Firnandi Gufron, Ketua Tim Kerja Strategi dan Komunikasi Terpadu Wisata Minat Khusus;
  5. Tim pendamping dari KJRI serta Tim pendamping dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lainnya.

🅰️ Poin-poin dari pertemuan bisnis bersama trip.com:
1️⃣ Mr. Edison Cheng, Vice President trip.com menyampaikan dalam office tournya:

  1. Memperkenalkan trip.com, mulai dari sejarah, prestasi dan bagaimana mereka menggunakan big data sebagai dasar strategi;
  2. Bagaimana pasar China terhadap pariwisata Indonesia, apa yang mereka cari, demografi pasar hingga analisa data bagaimana mereka melakukan pemesanan;

2️⃣ Bapak Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan:

  1. Menjelaskan upaya untuk mendatangkan wisatawan berkualitas dari China pada tahun 2024 sebesar 1 - 1,5jt wisatawan;
  2. Menparekraf menangkap point tentang konektivitas langsung yang awalnya hanya Bali dan Jakarta, kami berupaya mengembangkan lebih luas seperti Yogyakarta, Manado, Surabaya dan lain sebagainya, menimbang banyak penerbangan yang baru bangkit setelah pandemi Covid-19 serta Top 5 DSP di Indonesia juga sudah diiklankan ke pasar China;
  3. Kemenparekraf juga memiliki events(music, sport) dan pariwisata minat khusus yang menarik (surfing, diving, golf, culture etc.) Harapan dapat memberikan kesan positif untuk wisatawan China yang dan bersedia berkunjung kembali ke Indonesia;
  4. Indonesia kedepan diharapkan masuk kedalam 10 besar penjualan di trip.com.

3️⃣ Bapak Vinsensius Jemadu, Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) menyampaikan:

  1. Harapan dengan adanya kunjungan Menparekraf, kami akan lebih memahami situasi dan Indonesia akan mendapatkan jumlah kunjungan lebih dari sebelumnya;
  2. trip.com dengan pengalamannya dalam penjualan tiket konser musik dan sport events seperti marathon diharapkan juga dapat mengkolaborasikannya dengan Indonesia menimbang saat ini Indonesia memiliki banyak event music serta culture festival berskala internasional, dikemas dengan bundling yang menarik;
  3. trip.com juga dengan pengalaman penjualan wisata cruise, diharapkan dapat berkolaborasi lebih jauh mendatangkan wisatawan cruise ke Indonesia.
    4️⃣ Bapak Berlianto Situngkir, Konsul Jendral Republik Indonesia untuk Shanghai menyampaikan: Kunjungan KJRI Shanghai di trip.com adalah kunjungan yang ketiga dimulai dari November 2023, dan posisi Indonesia masih sama, tidak masuk kedalam top list. Berharap trip.com dapat mempromosikan Indonesia lebih serta dapat saling bertukar informasi untuk berkerjasama.

5️⃣🔁 Mr. Edison Cheng, Vice President trip.com menanggapi serta memaparkan presentasi:

  1. Beberapa waktu yang perlu jadi perhatian, July - Agustus ada hari libur sekolah / anak (Summer Holidays), Oktober ada hari libur nasional & Desember ada libur tahun baru;
  2. Pada data yang berimbang di Asia posisi indonesia peringkat 7 sebagai destinasi tujuan turis China;
  3. Menjelaskan bagaimana pasar China, Dari data yang dimiliki trip.com juga menunjukan bahwa anak muda mencari aktifitas yang mendukung pengalaman, drive new attention seperti events dan special activities, terutama setelah pandemi. Anak muda tidak lagi datang hanya sightseeing namun in depth experience, konser musik dan wisata minat khusus (golf, wellness, diving) menjadi favorit di China
  4. Dari statistik penjualan juga menunjukan adanya pembebasan Visa seperti di Singapura dapat meningkatkan penjualan sangat significant;
  5. Perlunya memperkaya konten yang menarik, untuk menjadi daya tarik dalam penjualan contohnya trip.com pernah menawarkan pijat tradisional Indonesia di lokasi, menawarkan Kopi di lokasi(memberikan tester kopi) untuk memudahkan dalam penjualan
  6. Penjualan dengan live streaming sedang menjadi trend dalam penjualan di China, sangat penting untuk menyajikan konten yang dekat dengan pelanggan, salah satu contoh pengalaman kamj dalam live streaming bisa ditonton 2jt penonton dalam kurang dari 1 jam, dan hal ini sangat signifikan dalam menaikan penjualan; (watching live streaming > booked > travel later)
  7. Menawarkan gagasan berkerjasama dalam bentuk program kampanye pemasaran, (awareness > consideration > conversion), dengan memaksimalkan sumber daya di dalam trip.com dan mitra di luar untuk memasarkan pariwisata Indonesia;
  8. trip.com percaya diri untuk dapat membantu Indonesia mencapai jumlah target, tak hanya jumlah namun juga quality tourist .

🅱️ Tindak lanjut dari pertemuan bisnis bersama trip.com sbb:

  1. Mempersiapkan penawaran dengan timeline waktu yang tepat, diukur dari waktu libur China;
  2. Menghilight 3 kolaborasi yang dapat dilakukan bersama trip.com, yang berdampak pada pencapaian target dengan berorientasj pada hasil terbaik tahun 2024.

Demikian laporan yang dapat kami sampaikan.

fahri surya altakwa

© 2024 Data & Informasi. Design by HTML Codex