August 1, 2024

Makassar International Eight Festival & Forum (F8 Makassar) 2024

Event Makassar International Eight Festival & Forum (F8 Makassar) 2024 diselenggarakan pada tanggal 24 - 28 Juli 2024 di Anjungan Pantai Losari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Gambaran Umum

  • Makassar International Eight Festival & Forum (F8 Makassar) merupakan event kebanggaan Kota Makassar, yang menggabungkan materi 8F yaitu:
    1. Food
    2. Fashion
    3. Fusion Music
    4. Film
    5. Fine Art
    6. Fiction Writers
    7. Folks
    8. Flora Fauna

dalam sebuah kerangka festival dengan beragam potensi seni, budaya, dan gastronomi Indonesia di Kota Makassar.

  • F8 Makassar 2024 menerapkan sistem tiket masuk senilai Rp 25.000 yang bisa didapatkan secara online melalui aplikasi Kallafriends, dan juga bisa dibeli secara langsung di loket tiket di gate zona 1, 3, dan 5.
  • Tahun ini, event tersebut mengangkat tema "Unity”. F8 Makassar merupakan salah satu TOP 10 Karisma Event Nusantara 2024. Acara pembukaan F8 Makassar 2024 dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2024, yang dihadiri oleh Bapak Restog Krisna Kusuma, SAM Bidang Inovasi dan Kreativitas.

Rangkaian event Makassar International Eight Festival & Forum (F8 Makassar) 2024, antara lain sebagai berikut:

Seremonial Pembukaan, Rabu, 24 Juli 2024

Dihadiri antara lain oleh:

  1. Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Zudan Arif Fakrulloh;
  2. Kemenparekraf diwakili oleh SAM Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bapak Restog Krisna Kusuma;
  3. Wali Kota Makassar, sekaligus pemrakarsa event F8 Makassar, Bapak Danny Pomanto;
  4. Para Wali Kota dan Bupati se-Provinsi Sulawesi Selatan;
  5. 18 Konsulat Jendral negara-negara sahabat;
  6. Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Bapak Muhammad Roem;
  7. Direktur Utama PT Festival Delapan Indonesia, Bapak Sofyan Setiawan, beserta segenap tim PT Festival Delapan Indonesia sebagai penyelenggara event F8 Makassar ini;
  8. Unsur Forkopimda Kota Makassar;
  9. Para ketua asosiasi, tokoh adat, dan komunitas

Rangkaian acaranya, antara lain:

  • Atraksi aerobatic show dari TNI AU Sultan Hasanuddin, jetski, dan flyboard
  • Sunset Dinner untuk tamu VIP dan VVIP yang kemudian berkesempatan menikmati pelayaran menggunakan Kapal Phinisi
  • Penampilan paduan suara Universitas Negeri Sultan Hasanuddin
  • Pembukaan oleh MC: Patrick dan Goldy di Panggung Utama Zona 1
  • Menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”
  • Sambutan Wali Kota Makassar Bapak Danny Pomanto, yang menyampaikan bahwa:
    • Ide untuk menyelenggarakan F8 Makassar pada awalnya pada tahun 2016, ingin mengubah citra Kota Makassar dari kota demonstrasi menjadi kota festival. Agar event F8 Makassar ini bisa menjadi wadah anak Indonesia berkreasi.
    • Menyadari positif dan pentingnya dampak F8 Makassar sehingga sejak 3 tahun lalu, penyelenggaraan F8 tidak lagi tergantung APBD & APBN, telah menjadi mandiri dan diswastakan, sehingga diharapkan dapat menjadi event mandiri yang berkelanjutan.
  • Sambutan Pj Gubernur Sulawesi Selatan yang menyampaikan apresiasi kehadiran perwakilan 18 negara sahabat. Berharap akan banyak berinvestasi di Sulsel.
  • Sambutan Kemenparekraf yang dihadiri oleh Bapak Restog Krisna Kusuma, SAM Bidang Inovasi dan Kreativitas yang menyampaikan:
    • Dengan keberhasilan F8 yang 5 kali terpilih sebagai Top10 event terbaik Kemenparekraf (2 kali Top10 CoE dan 3 kali Top10 KEN) menjadi benchmark festival di Indonesia.
    • Dengan penyelenggaraan event dapat menggerakkan kunjungan wisatawan.
  • Penyerahan Piagam Top10 KEN dari Kemenparekraf yang diterima oleh Wali Kota Makassar sekaligus pemrakarsa F8 Makassar, Bapak Denny Pomanto
  • Peresmian dengan penancapan tombak ke batu oleh tamu VVIP, teater bugis, kembang api
  • Penampilan Tari kolosal "Harmony Nusantara" oleh 400 orang
  • Penampilan Folks: musik anak-anak dari Yayasan Anging Mammiri (YAMa) dan Siswa/siswi SMP Se-Kota Makassar
  • Penampilan Fashion show Lily Gunawan (Indonesia), Atelier She - Cheby Sarah (Malaysia)
  • Penampilan Jad N Sugy Orkestra dengan 9 vokalis wanita Makassar
  • Penampilan DJ Aimee

Rangkaian event konten 8F

  1. Food: terdapat booth-booth kuliner di setiap zona
  2. Fashion: fashion show dari desainer lokal, nasional, dan dari luar negeri; launching Makassae Fashion Week
  3. Fusion Music: penampilan-penampilan band/artis/DJ lokal, nasional, dan luar negeri; karaoke
  4. Film: screening film, talkshow, penayangan film, meet and greet aktris/aktor, launching film
  5. Fine Art: workshop dan pameran
  6. Fiction Writers: talkshow, dongeng keliling, stand up comedy, pentas kreasi, penampilan pembacaan puisi,
  7. Folks: penampilan-penampilan artis lokal dan nasional, parade, pentas kreasi
  8. Flora Fauna: talkshow, edukasi dan pelatihan, vaksinasi hewan peliharaan, kompetisi hewan peliharaan, fashion show, lomba mewarnai, fotografi hewan

Hybrid Event

Selain bisa dikunjungi langsung di lokasi, seremonial pembukaan F8 Makassar 2024 bisa ditonton secara live streaming di akun YouTube antara lain: Metro TV, tvOneNews, Narasi Newsroom, GARUDA TV, RAZ FM MAKASSAR, Smartcity Makassar Official, Kompas TV Makassar, KOMINFO Kota Makassar.

Upaya Promosi publikasi

  • Baliho dan spanduk di berbagai titik di Kota Makaasar, serta umbul-umbul di sekeliling venue.
  • Publikasi di media sosial, khususnya pada IG resmi @f8makassar dan web f8makassar.com
  • Publikasi di TV lokal dan nasional (Metro TV, TV One, Kompas TV)
  • Publikasi di majalah in flight Colors Garuda dan Lion Group
  • Placement di Bandara Sultan Hasanuddin

Bentuk Dukungan Kemenparekraf

  • Publikasi di own media - media sosial Kemenparekraf
  • Promosi pada WBSU pada tanggal 15 Juli 2024
  • Promosi berupa talkshow RRI pada tanggal 17 Juli 2024
  • Aktivasi 2 totem KEN di venue
  • Promosi oleh Co-Branding Kemenparekraf: paket wisata oleh Travel Agent Atourin
  • Sarana prasarana dan talent di zona 2
  • Promosi spesial Top10 KEN, berupa: paid media di media online nasional dan pembuatan video promosi

Evaluasi dan Kesimpulan

  • Dimensi Ide dan Konsep
    1. Mampu menjadi event pariwisata yang mendatangkan wisatawan, dan bisa dijadikan salah satu benchamark festival di Indonesia.
    2. Secara umum konten yang ditampilkan lebih ke budaya pop. Namun tetap ada konten yang mengangkat berbagai seni dan budaya lokal Sulsel.
    3. Sudah ada dekorasi kelokalan, menggunakan bahan alami bambu dan atap rumbia pada booth kuliner di zona 5. Namun kebanyakan masih menggunakan riging dan tenda modern. Kebanyakan tenda tenant juga masih memakai tenda sarnavil dan bahan cetak digital.
    4. Dekorasi kelokalan dari bahan bambu yang berbentuk piramida/trapesium yang ada di sepanjang jalan/rute perlu dievaluasi Kembali, karena dirasa justru cukup menganggu aksesibilitas, apalagi pada saat pengunjung padat.
  • Dimensi Pemasaran dan Komunikasi
    1. Upaya promosi publikasi baik. Tidak hanya di sekitar lokal daerah saja namun juga nasional.
    2. Sudah memiliki akun event media sosial (Instagram), dengan followers sekitar 27.8 K. Sudah menggunakan medsos dengan memperhatikan engagement, feedback-nya cukup tinggi dengan  rata-rata likes sebanyak 1.000. Telah menggunakannya untuk menginformasikan berbagai hal mengenai penyelenggaraan seperti mengenai tiket masuk, rundown dan penampil per hari. Namun, rundown di-post terlalu mepet waktu. Di hari H, hanya beberapa jam bahkan kurang dari 1 jam sebelum open gate. Kurang mendukung untuk memotivasi pengunjung/wisatawan luar daerah yang membutuhkan perencanaan Panjang/jauh hari.
    3. Sudah memilki web resmi di f8makassar.com, namun sama halnya dengan medsos, informasi terlalu mepet waktu pelaksanaan.
  • Dimensi Manajemen Kegiatan dan Risiko
    1. Amenitas tersedia cukup di sekitar lokasi penyelenggaraan event.
    2. Aksesibilitas mudah, karena terletak di pusat Kota Makassar yang memilki akses jalan yang kondisinya baik. Walaupun harus dilakukan rekayasa lalu lintas khusus selama penyelenggaraan, yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian, cukup rapi, walaupun tetap terjadi kemacetan di waktu-waktu dan titik-titik tertentu.
    3. Acara seremonial pembukaan dimulai tidak tepat waktu, mundur kurang lebih 45 menit dari rencana, padahal disiarkan live streaming di stasiun TV nasional.
    4. Koordinasi Penyelenggara F8 Makassar 2024 cukup baik dan lancar, walaupun dari pihak Penyelenggara semakin dekat hari penyelenggaraan menjadi kurang responsif. Masih terasa one man show, dari anggota tim Penyelenggara Event kurang respon untuk mem-backup koordinasi.
    5. Terdapat toilet, mushola, mobile ATM
    6. Di tiap zona terdapat denah lokasi, namun kurang didukung dengan petunjuk arah.
    7. Mitigasi risiko baik. Terdapat booth medis di tiap zona. SAR, ambulance, pengamanan siaga di lokasi.
    8. Terdapat bundel kabel-kabel dalam ukuran yang cukup besar yang kurang diamankan, sehingga agak mengganggu aksesibilitas pejalan kaki.
    9. Jeda transisi antar penampil pada saat seremonial pembukaan terlalu lama.
    10. Pemanfaatan ruang kurang merata. Terlalu padat di Tengah (zona 2, 3, dan 4), luang di zona 1 dan 5, juga di Tengah antara zona 4 ke 5.
    11. Pada pameran fotografi, sebaiknya jika mencantumkan keterangan sumber/fotografer.
    12. Penempatan gerbang masuk/loket tiket perlu dievaluasi lagi, agar tidak terlalu padat di gerbang 3, padahal di gerbang 1 dan 5 luang. Mungkin perlu dipertimbangkan untuk penempatan gerbang masuk tidak terlalu dekat dengan zona/panggung dimana artis penampil penarik pengunjung akan tampil.
    13. Sempat terjadi kerumunan yang terlalu membludak dan terjadi kericuhan di hari pertama, terutama di zona 3 dan 4. Namun dapat teratasi, dan aman di hari-hari berikutnya.
    14. Pengelolaan sampah cukup baik. MC di tiap-tiap zona sering mengingatkan pengunjung untuk menjaga kebersihan. Tersedia banyak tempat sampah dan petugas kebersihan yang siaga di lokasi, sehingga kondisi venue cukup terjaga kebersihannya. Saran agar tambahan tempat sampah berupa plastik hitam besar dapat dilengkapi dengan signage yang menarik agar terlihat dan sekaligus imbauan bagi pengunjung.
  • Dimensi Dampak Sosial Budaya
    1. Perlu menambah konten lokal, baik itu pada dekorasi maupun pada rangkaian event dan pengisinya.
    2. Banyak partisipasi UMKM. Selain makanan kekinian, juga produk ekraf (baju, tas, kaos, dll), namun kurang produk ekraf kerajinan lokal.
  • Dimensi Manajemen Keuangan
    1. Sudah menerapkan strategi sponsorship dari berbagai pihak dari berbagai sektor usaha, sehingga mampu menjadi event yang mandiri dan berkelanjutan.

Secara umum Makassar International Eight Festival & Forum (F8 Makassar) 2024 telah terselenggara dengan baik, namun masih perlu perbaikan di beberapa hal manajemen event, agar makin nyaman dikunjungi dan dinikmati.

Vitria Narwastu

© 2024 Data & Informasi. Design by HTML Codex