Festival Kelimutu

Festival Kelimutu telah dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 September 2021 di Kota Ende, Kab. Ende, Prov. NTT yang dilaksanakan secara hybrid.

Festival Kelimutu adalah event daerah yang digagas oleh Pemda Kab. Ende. Festival Kelimutu diisi dengan pegelaran budaya dan pameran UMKM. Beberapa sanggar seni dilibatkan dalam kegiatan tersebut seperti Sanggar Dega Do, Sanggar Mutu Loo, Sanggar Amadala. Selain itu ada juga pentas seni teater dari Teater Mata Community, Teater P3MK, Putra Vois dan Sombo Lando, serta Franco Family Management. Puncak Acara dan Penutupan Festival Danau Kelimutu diadakan di Museum Tenun Ikat Ende.

Festival Kelimutu dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta pembatasan tamu undangan dan peserta. Selain itu juga diterapkan rapid tes antigen dan cek suhu badan. Rangkaian acara event Festival Kelimutu dari mulai pembukaan dan penutupan ditayangkan secara Live Streaming di channel Youtube Pemda Kab. Ende.

🔴 PESERTA
1. Bupati Kab. Ende, Bapak H. Djafar Achmad
2. Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Bapak Edy Wardoyo
3. Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Bapak Persada A. Sitepu
4. Sekretaris Daerah Kab. Ende, Bapak Agustinus G. Ngasu
5. Camat Kelimutu, Bapak Joseph David Sari
6. Pimpinan dan Jajaran Forkompimda Kab. Ende
7. Pimpinan BUMD dan OPD
8. Tokoh Adat dan Tokoh Agama

🔴 RANGKAIAN ACARA

🔸 Hari 1 : Selasa, 14 September 2021

Pada hari pertama dilaksanakan Press Conference di Rumah Jabatan Bupati Kab. Ende dengan uraian sebagai berikut :

🔹Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban, kepada media di Ende menyampaikan bahwa penyelenggaraan Festival Kelimutu sempat ditunda akibat melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Ende pada Juli hingga Agustus lalu. Meski dilaksanakan secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Festival Kelimutu dan Kelimutu Expo diharapkan kembali membangkitkan geliat pariwisata di Kabupaten Ende dan Provinsi NTT pada umumnya.

🔹Bupati Ende, Djafar Achmad, menjelaskan pemerintah perlu melakukan terobosan demi pemulihan ekonomi, termasuk bidang pariwisata di tengah pandemi. Pandemi mengajarkan semua pihak untuk berinovasi dan berkreativitas agar geliat ekonomi di bidang pariwisata kembali bangkit. Beliau bersyukur angka Covid di Kab. Ende terus menurun dan sekarang sudah PPKM level 2. Kegiatan ritual patika di puncak Danau Kelimutu sudah ada kerja sama pemkab Ende dengan Pemerintah Provinsi Bali karena budaya yang hampir sama dengan Bali. Ada konektivitas antara Bali dan Ende dalam hal ritual adat pati Ka Para Leluhur. Sebenarnya kegiatan ritual patika juga dihadiri Gubernur Bali untuk melihat tata cara memberikan sesajen kepada para leluhur, namun semua rencana kegiatan di tunda karena pandemi covid -19. Pemerintah ke depannya akan mendesain titik-titik lokasi Wisata agar adanya saling keterkaitan antar destinasi wisata sehingga wisatawan bisa menghabiskan waktu lebih lama di Ende. Misalnya untuk menuju Danau Kelimutu wisatawan bisa singgah di Desa Detusoko Barat untuk menikmati pemandangan alam dan Persawahan yang indah.

🔹Sekretaris Deputi PWPK, Bapak Edy Wardoyo, memberi apresiasi kepada bupati atas penyelenggaraan Festival Kelimutu. Beliau menyampaikan bahwa Kemenparekraf berkomitmen umendorong kegiatan ini untuk menjadi event nasional agar industri pariwisata di Flores semakin memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat. Kemenparekraf akan terus melakukan kurasi dan assesment terhadap pelaksanaan festival di daerah. Event seperti Festival Kelimutu harus didorong untuk memperkenalkan Ende kepada wisatawan karena destinasi pariwisata di Ende sangat strategis sehingga dapat memberikan alternatif kepada calon wisatawan yang datang ke NTT. Beliau juga berharap pelaksanaan event Festival Kelimutu kedepannya harus lebih baik dibanding dengan masa sulit saat pandemi.

🔸 Hari 2 : Rabu, 15 September 2021

Rangkaian Acara Pembukaan Festival Kelimutu, diisi dengan sambutan-sambutan dan pagelaran budaya serta pertunjukan musik, susunannya sebagai berikut :

🔹 Tarian Penyambutan oleh Sanggar Anakalo
🔹 Pertunjukan Theater oleh Sanggar P3MK
🔹 MC membuka acara dengan menyapa para tamu undangan
🔹 Menyanyikan lagu Indonesia Raya
🔹 Doa Pembukaan

🔹 Laporan Ketua Penyelenggara yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kab. Ende, dalam laporannya beliau berharap dengan kembali digelarnya kegiatan Festival Kelimutu dan Kelimutu Expo ini, mampu mendongkrak geliat pariwisata yang ada di kabupaten Ende. Beliau juga menyampaikan kegiatan Festival Kelimutu dan Kelimutu Expo tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena pesertanya cukup banyak.

🔹 Pertunjukan Musik Suling / Feko Bu oleh Sanggar Lia Kamba Watu Ata

🔹 Sambutan secara virtual berupa rekaman video oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia – Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A,. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Ende dan seluruh masyarakatnya, yang telah mengupayakan dan membangkitkan industri pariwisata dengan terselenggaranya kembali Festival Kelimutu 2021. Beliau mengemukakan, ini menjadi sebuah langkah luar biasa yang ditempuh Pemkab Ende, sehingga diharapkan bisa membangkitkan semangat pariwisata Kabupaten Ende. Pariwisata tidak bisa dipisahkan dari Plam maupun Budayanya. Kabupaten Ende dengan segala potensi keindahan alam, budaya dan sejarahnya, sangat memungkinkan  untuk menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Beliau berharap dengan diselenggarakannya event seperti Festival Kelimutu, akan membantu menggerakan perekonomian masyarakat dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya, serta mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas khususnya di Kabupaten Ende.

🔹 Sambutan Bupati Kab. Ende, Bapak Djafar Achmad yang sekaligus membuka Festival Kelimutu secara resmi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Festival Kelimutu kali ini menandai bangkitnya pariwisata di Kabupaten Ende. Di tengah pandemi yang sedang melanda, pemerintah perlu melakukan terobosan demi pemulihan di sektor pariwisata dan ekonomi kemasyarakatan. Beliau menegaskan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat bertahan di tengah pandemi dan harus memiliki kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik. Beliau juga menegaskan, Festival Kelimutu dilaksanakan untuk meyakinkan dunia bahwa pariwisata di Ende luar biasa dan siap bangkit di tengah pandemi Covid-19 ini. Seluruh komponen dalam kegiatan festival Kelimutu adalah sebuah momentum strategis guna menyatakan pandangan, memantapkan tekad dari sisi penguatan publisitas, penguatan jejaring dalam konteks membangun Destinasi Wisata  Ende yang berkelanjutan dalam membangun kepariwisataan Regional Propinsi NTT secara menyeluruh. Beliau mengajak seluruh masyarakat kabupaten Ende untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada Kementerian pariwisata dan Ekonomi kreatif RI, Dinas Pariwisata Kab. Ende, Balai Taman Nasional Kelimutu dan Perkumpulan Pelaku Pariwisata Moni Kelimutu(P3MK) yang memiliki rasa tanggung jawab dalam melakukan event promosi pariwisata. Melalui event promosi seperti ini bisa memberi pertanda bahwa kebersamaan adalah sebuah kekuatan dalam melakukan beberapa hal yang bermanfaat  bagi pecinta destinasi dan pemberdayaan masyarakat.

🔹 Pembukaan Acara secara simbolis dengan membunyikan kentongan
🔹 Pertunjukan Musik tradisional dari sanggar Mutulo’O
🔹 Acara dilanjutkan dengan para tamu undangan meninjau pameran umkm sambil diiringi pertunjukan musik dan seni tradisional.

🔸 Hari 3 : Kamis, 16 September 2021

🔹 Kelimutu Expo yang menampilkan Kelompok Ekonomi Kreatif yang ada di Desa-desa Wisata Kawasan Penyangga Destinasi Wisata Taman Nasional Kelimutu. Kegiatan ini melibatkan Kelompok Pengusaha Kopi yang ada di Kab. Ende untuk menjadi atraksi wisata minat khusus yang dikemas sesuai trend dan pangsa pasar modern, Kelompok Kreatif di Bidang Kuliner dengan bahan dasar olahan Ubi Nuabosi, Pisang Berangan dan Shorgum, serta kelompok pengrajin Tenun Ikat, Busana, Tas dan lain-lain.

🔸 Hari 4 : Jumat, 17 September 2021

🔹 Hari terakhir Penutupan Festival Kelimutu dilaksanakan di Museum Tenun Ikat Kab. Ende
🔹 Rangkaian Acara diisi dengan aktivitas pameran UMKM Kopi, Kuliner serta Penyerahan Hadiah yang diiringi Pagelaran Budaya dan Pertunjukan Musik.
🔹 Sambutan secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali diputar dalam rangkaian acara penutupan.
🔹 Acara ditutup dengan sambutan Bupati Ende, Djafar Achmad, yang dibacakan oleh Asisten 2 Setda Ende, Derson Duka, di halaman Museum Tenun Ikat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan penyelenggaraan Festival Kelimutu yang telah dilaksanakan dengan menampilkan beragam budaya dan kuliner dari wilayah diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Ende. Harus dipahami bersama bahwa pembangunan sektor pariwisata menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat di wilayah ini sesuai peran yang diemban, sehingga dari waktu ke waktu sektor pariwisata semakin mendunia dan ini tentunya akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi kabupaten Ende.

🔴 EVALUASI
1. Festival Kelimutu sudah dikemas dengan baik melalui Pegelaran Budaya dengan berbagai atraksi yang ditampilkan dari kelompok sanggar seni daerah khas kelimutu, pertunjukan musik dari masyarakah setempat, Festival Kuliner khas daerah Ende, UMKM (Kripik Olahan Ubi Nuabosi, Kripik Pisang Berangan, Olahan Makanan dari Shorgum, Kopi dan Pengrajin Tenun Ikat dan Busana). Kegitan pembukaan Festival Kelimutu berjalan lancar dan tertib serta mematuhi protokol kesehatan yang ketat
2. Sedikit evaluasi tentang konten Festival Kelimutu tahun ini di mana Pertunjukan Musik lebih mendominasi selama pembukaan acara berlangsung dibandingkan seni tradisional dan pagelaran budaya, sehingga terkesan seperti konser musik.
3. Untuk taping Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kurang terlihat jelas dikarenakan pelaksanaan kegiatan Festival Kelimutu yang dilaksanakan di outdoor sehingga hasilnya kurang maksimal dan peralatan yang masih kurang mendukung di Kec. Kelimutu khususnya.
4. Ke depan Dinas Pariwisata Kab. Ende akan melakukan Pengadaan Panel LED untuk kebutuhan penyelenggaraan event, karena dari pengalaman penyelenggaraan Festival Kelimutu tahun ini.

Secara keseluruhan kegiatan Festival Kelimutu telah terlaksana dengan lancar dan aman.
Demikian laporan ini disampaikan. Terima kasih 🙏🏼

Menyambut para Tamu Undangan VIP dengan Tarian Penyambutan oleh Sanggar Anakalo
Permbukaan oleh MC dengan menyapa para tamu undangan dilanjutkan dengan doa bersama

Pertunjukan Musik Tradisional, Theater, dan Pagelaran Budaya
Laporan Kepala Dinas Pariwisata Kab. Ende, Bapak Martinus dan Sambutan dari Bupati Kab. Ende, Bapak Djafar Achmad
Pembukaan Acara secara simbolis oleh para tamu undangan dengan membunyikan kentongan
Suasana pengunjung selama acara berlangsung
Sejumlah UMKM yang ikut serta memeriahkan acara
Para tamu undangan meninjau pameran UMKM
Author:

Tinggalkan Balasan